Pencapaian

2016

sertifikasi IFCN

MAFINDO menerima status pemeriksa fakta terverifikasi dengan sertifikasi IFCN (International Fact Checking Network). Per 20 Oktober 2019, MAFINDO menjadi satu dari total 87 organisasi (70 aktif, 8 dalam pembaruan status, dan 9 dalam status verifikasi kedaluwarsa) pemeriksa fakta mitra IFCN.

Trusted flagger oleh Google and YouTube

Youtube

MAFINDO ditunjuk sebagai trusted flagger oleh Google and YouTube untuk periksa fakta, juga sebagai mitra Google untuk literasi digital.

Pemeriksa fakta dari pihak ketiga oleh Facebook

FacebookMAFINDO dipercaya sebagai pemeriksa fakta dari pihak ketiga (third party fact checker) dan flagger oleh Facebook.

Bermitra dengan AMSI

MAFINDO bermitra dengan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) membangun cekfakta.com. MAFINDO juga bermitra dengan organisasi-organisasi lain, TV, media, dan organisasi profesi jurnalis, untuk kerja-kerja literasi digital.

Menerima penghargaan dari KPU RI

KPUMAFINDO menerima penghargaan dari Komisi Pemilihan Umum RI sebagai organisasi pendukung terlaksananya PEMILU 2019.

Menerima Anugerah Komunikasi Indonesia 2018

MAFINDO KOMINFO dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk komunitas literasi digital.

Menerima Anugerah Suardi Tasrif 2018

MAFINDO menerima Anugerah Suardi Tasrif 2018 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI/ Independent Journalists Alliance) untuk kerja melawan misinformasi/disinformasi.

Diundang beraudiensi ke institusi – institusi penting

MAFINDO diundang beraudiensi ke institusi – institusi penting serta wawancara dengan media serta universitas dalam dan luar negeri.

Menjadi narasumber di Parlemen Singapura

MAFINDO diundang menjadi narasumber dengar pendapat kebijakan antihoaks di Parlemen Singapura, Maret 2018.

Narasumber atau fasilitator pembelajaran terkait misinformasi/disinformasi

MAFINDO diundang oleh berbagai institusi, organisasi, perusahaan, sekolah, universitas, untuk menjadi narasumber atau fasilitator pembelajaran terkait misinformasi/disinformasi, ujaran kebencian, dan literasi digital pada umumnya.

Saat ini
TOP