MAFINDOMAFINDO

MAFINDO

MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) adalah Organisasi Kemasyarakatan yang bertujuan mensosialisasikan bahaya berita bohong (hoax) dan menciptakan imunitas terhadap hoax di masyarakat Indonesia.

MAFINDO
Jl. HR. Rasuna Said Kawasan Epicentrum Utama Mall Epicentrumwalk – Office Suite A529 Kuningan, Jakarta Selatan 12940 Indonesia

  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Visi & Misi
    • Sejarah Mafindo
    • Kode Etik Mafindo
    • Struktur Organisasi
      • Dewan Penasihat
      • Presidium
    • Metode Klasifikasi Hoax
    • Terms of Use
    • Logo & Media
    • Privacy Policy
  • Aktivitas
    • Periksa Fakta
    • Media Sosial MAFINDO
    • Program
      • Social Inoculation Phase 2
      • Program Community Engagement to Counter Incitement in Elections
      • Wanita Cerdas Tangkal Hoaks (Tangkas)
      • AyoLawanCOVID19
      • Inspires
      • MEDIA
      • Tular Nalar
      • Perempuan Periksa Fakta
      • Lomba Indonesia Periksa Fakta
      • Stop Hoaks Indonesia (SHI)
      • Internews HCC Jabar
    • Advokasi dan Edukasi Publik
  • Produk
    • Hoax Buster Tools
    • Yudistira
    • Kalimasada
    • CekFakta.com
    • TurnBackHoax.ID
    • Global Fack-check Database
    • Riset
      • Publikasi lainnya
        • KOMUNIKASI VAKSIN COVID-19 DAN CEK FAKTA
      • Laporan Bulanan
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2021
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Februari 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI MARET 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI APRIL 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI MEI 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI JUNI 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI JULI 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI AGUSTUS 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI SEPTEMBER 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI OKTOBER 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI NOVEMBER 2021
        • LAPORAN PEMETAAN HOAKS EDISI DESEMBER 2021
        • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2022
      • Laporan Tahunan
        • Laporan Pemetaan Hoaks COVID-19 Tahun 2020
        • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2020
      • Laporan Khusus
        • Riset Akademik
  • CYBER SECURITY
  • Pencapaian
  • Partner
  • Hubungi Kami

Mafindo bersama Radio Suara Pendidikan 90,2 FM dalam “Milenial Anti Hoaks”

Mafindo bersama Radio Suara Pendidikan 90,2 FM dalam “Milenial Anti Hoaks”

by Aribowo Sasmito / Thursday, 22 November 2018 / Published in Uncategorized
Minggu (18/11/2018) menjadi satu lagi hari dimana teman-teman Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) berbagi ilmu dan pengetahuan tentang hoaks kepada publik. Dua member aktif dari MAFINDO Mojokerto dan seorang member aktif dari MAFINDO Jombang bertemu sebagai narasumber dalam sebuah sesi siaran di Radio Suara Pendidikan 90.2 FM, Sengon, Jombang. Bukan hanya membahas tentang hoaks, tapi juga kaitannya dengan generasi yang paling familiar dengan sarana penyebar hoaks terbesar.

Yap, milenial. Generasi yang lahir di era 1980-an dan 1990-an ini rupanya punya potensi besar untuk terpapar hoaks. Faktor pendukung utamanya tentu karena kelompok generasi ini adalah yang paling ahli mengoperasikan fitur-fitur teknologi digital, sarana penyebar hoaks terbesar yang telah disebutkan sebelumnya.

Selama satu setengah jam, tepatnya mulai pukul 15.30 hingga pukul 17.00, teman-teman dari MAFINDO membahas serba-serbi hoaks dan milenial bersama seorang penyiar dari Radio Suara Pendidikan Jombang 90.2 FM yang akrab disapa Kak Syafrul. Sesi siaran yang berformat obrolan santai ini berlangsung cukup lancar, sekali pun kedua narasumber dari MAFINDO Mojokerto, salah satunya adalah saya, sempat mengaku bahwa itu adalah pengalaman perdana mereka untuk berkontribusi dalam sebuah sesi siaran radio.

Topik yang dibahas oleh Kak Syafrul dan ketiga narasumber dari MAFINDO sangat beragam mulai dari hoaks sebagai information disorder dalam berbagai perspektif generasi milenial. Di sini narasumber menyampaikan apa itu hoaks berdasarkan kacamata masing-masing, salah satunya mengenai definisi hoaks hingga alasan kita terperangkap dalam siklus persebaran informasi hoaks, yakni karena adanya confirmation bias, echo chamber, dan era post-truth dari pihak si penerima hoaks.

Topik bahasan berikutnya adalah mengenai media sosial yang paling punya potensi untuk menjadi sarana penyebar hoaks. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami mulai berdiskusi dengan mengerucutkan media sosial yang paling sering digunakan oleh generasi milenial karena otomatis medsos itulah yang punya potensi menjadi sarana penyebar hoaks terbesar. Dalam diskusi tersebut kami membandingkan di antara dua media sosial yang cukup tinggi jumlah pemakainya, Instagram dan Facebook. Setelah membahas mengenai karakteristik dari masing-masing medsos tersebut, kami akhirnya sepakat bahwa di antara keduanya Facebook-lah yang paling rawan menjadi media penyebar hoaks.

Obrolan yang mengalir berikutnya bisa dibilang lebih ringan karena pertanyaan yang diajukan adalah seputar “relasi” para narasumber MAFINDO sebagai generasi milenial dengan aplikasi di gawai masing-masing. Mulai dari media sosial apa yang paling sering dikunjungi dan alasannya, kemudian pemakaian kuota internet masing-masing dalam sebulan, hingga pendapat narasumber tentang akibat maraknya isu hoaks yang beredar di lingkungan sosial mulai dari lingkungan tempat tinggal hingga lingkungan akademisi atau perkuliahan.

Sempat juga tercetus pertanyaan dari pendengar melalui aplikasi chat Whatsapp yang cukup sulit dijawab oleh para narasumber karena kealpaan narasumber dalam menyediakan hasil riset termutakhir mengenai kegiatan yang dilakukan oleh milenial selama surfing di dumay alias dunia maya. Beruntung, narasumber mempersiapkan diri dengan beberapa data riset yang meskipun bukan digawangi oleh organisasi kami sendiri, namun bisa menjawab pertanyaan tersebut. Riset tersebut dibuat oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia pada tahun 2016 yang menyebutkan bahwa kegiatan yang dilakukan generasi milenial dengan gawainya berturut-turut mulai dari hasil terbanyak adalah mengupdate informasi, kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, dan mengisi waktu luang.

Pada sesi yang terakhir, masing-masing narasumber menyampaikan pesan untuk membekali para milenial dalam menghadapi teror hoaks. Mulai dari cara mengidentifikasi hoaks, yang terdiri dari tiga langkah berikut:

• Membaca isi berita sampai tuntas.
Jangan hanya karena judul berita terdengar sensasional, provokatif, dan “mendesak” untuk dibagikan lantas jari menjadi lebih cepat bertindak daripada otak. Setidaknya baca hingga tuntas untuk mengetahui konten apa sih yang sebenarnya sedang kita sebarluaskan.
• Membandingkan 2 hingga 3 sumber berita.
Langkah selanjutnya yang tak kalah penting ketika menerima suatu informasi adalah membandingkan isinya dengan 2 hingga 3 platform berita yang punya kredibilitas tinggi sebagai penyedia berita yang terpercaya. Hal ini bisa meminimalisir milenial dari paparan berita hoaks yang terkadang terlalu dilebih-lebihkan atau ditambahi dengan bumbu-bumbu yang membuat chaos.
• Membuka laman-laman milik organisasi anti hoaks
Tujuannya adalah untuk mengkonfirmasi apakah suatu informasi merupakan hoaks atau bukan; atau untuk melihat klarifikasi yang sudah diberikan oleh organisasi tersebut. Perlu diketahui, biasanya dalam forum-forum diskusi yang ada dalam laman tersebut biasanya semua anggota bisa berkontribusi untuk menganalisa suatu berita sehingga grup bisa berfungsi selayaknya crowdsourcing dengan memanfaatkan tenaga banyak orang.

Terakhir dan tak kalah pentingnya, ketika menemukan suatu informasi hoaks, generasi milenial harus aktif memeranginya dengan cara melaporkan melalui langkah-langkah berikut:

• Melalui fitur report pada akun media sosial
Pengguna media sosial mulai dari Facebook, Instagram, hingga Twitter tentu sering melihat adanya tombol bertuliskan report status atau report tweet di tiap postingan status milik pengguna yang beredar. Bila menemui indikasi hoaks pada suatu postingan, kita seharusnya aktif mengambil tindakan untuk melaporkan. Sebab aduan yang diberikan akan membantu memberikan sinyal kepada pihak pengembang untuk segera menghapus postingan yang meresahkan tersebut.
• Melalui kelompok anti hoaks
Salah satunya adalah MAFINDO yang menyediakan laman turnbackhoax.id untuk menampung aduan hoaks dari warganet sekaligus juga berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoaks.
• Melapor ke Kementerian Kominfo
Bisa dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

 

  • Tweet

About Aribowo Sasmito

https://bit.ly/aribowosasmito

What you can read next

Kelas Kebal Hoaks
Edukasi Anti Hoaks Dharma Wanita Pusat (DITJEN BINALATTAS) KEMNAKER
[ACARA] Dakta FM Bekasi: Millenial Bicara “Nge-Vlog Beretika”
[Top 5] Topik Teratas Periksa Fakta MAFINDO Periode 4-10 Juli 2020

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

  • KOMUNIKASI VAKSIN COVID-19 DAN CEK FAKTA

    ...
  • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2022

    ...
  • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2020

    ...
  • BENAR ATAU SALAH VIDEO CACING AKIBAT MAKAN SOSIS, NAGET & SEJENISNYA DARI DAGING YG LAMA DIAWETKAN?

    Selengkapnya saksikan di: #MAFINDO #TipsDanTrik...
  • HOAKS & MEDIA PERIODE 5 SEPTEMBER – 11 SEPTEMBER 2022

    Selengkapnya saksikan di: #CekFakta #ProgramMED...

Recent Comments

  • Lupe on “Cek Hoaks di WhatsApp lewat Chatbot “Kalimasada”, Begini Caranya”

Archives

  • January 2023
  • November 2022
  • September 2022
  • August 2022
  • July 2022
  • June 2022
  • May 2022
  • April 2022
  • March 2022
  • February 2022
  • January 2022
  • December 2021
  • November 2021
  • October 2021
  • September 2021
  • August 2021
  • July 2021
  • June 2021
  • May 2021
  • April 2021
  • March 2021
  • February 2021
  • January 2021
  • December 2020
  • November 2020
  • October 2020
  • September 2020
  • August 2020
  • July 2020
  • June 2020
  • May 2020
  • April 2020
  • March 2020
  • February 2020
  • January 2020
  • December 2019
  • November 2019
  • October 2019
  • September 2019
  • August 2019
  • July 2019
  • June 2019
  • May 2019
  • April 2019
  • March 2019
  • February 2019
  • January 2019
  • December 2018
  • November 2018
  • October 2018
  • September 2018
  • August 2018
  • July 2018
  • June 2018
  • May 2018
  • April 2018
  • March 2018
  • February 2018
  • December 2017
  • November 2017
  • October 2017

Categories

  • Posts
  • Tentang Kami
  • Uncategorized

Meta

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

Featured Posts

  • KOMUNIKASI VAKSIN COVID-19 DAN CEK FAKTA

    0 comments
  • Laporan Pemetaan Hoaks Edisi Januari 2022

    0 comments
  • Laporan Pemetaan Hoaks Tahun 2020

    0 comments
  • BENAR ATAU SALAH VIDEO CACING AKIBAT MAKAN SOSIS, NAGET & SEJENISNYA DARI DAGING YG LAMA DIAWETKAN?

    0 comments
  • HOAKS & MEDIA PERIODE 5 SEPTEMBER – 11 SEPTEMBER 2022

    0 comments
  • GET SOCIAL
MAFINDO

© 2021 All rights reserved. MAFINDO.

TOP