PERAN GURU SEBAGAI PINTU PENANGKAL HOAKS DI KALANGAN PELAJAR

Perkembangan teknologi dewasa ini kian berkembang pesat. Media sosial menjadi platform paling banyak diakses untuk memperoleh informasi. Namun, dengan semakin banyaknya media sosial yang ada juga turut andil dalam tersebarnya informasi hoaks secara masiv dan cepat.

Maraknya penyebaran konten negatif di kalangan generasi muda patutlah menjadi perhatian orang tua, guru, dan sekolah, karena generasi muda dari kalangan pelajar SD, SMP, dan SMA kerap menjadi target empuk sebagai penerima maupun penyebar hoaks.

Peran guru sebagai garda terdepan penangkal hoaks bagi peserta didik mutlak dibutuhkan. Guru juga harus mampu menyelipkan himbauan tentang bahaya berita hoax. Selain itu, penanaman pendidikan karakter pada siswa juga harus diperkuat. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengantisipasi berita hoax.

Pada edisi Cerita Perempuan (Cerpen) Periksa Fakta kali ini, kita akan ngobrol dan sharing dengan tema “PERAN GURU SEBAGAI PINTU PENANGKAL HOAKS DI KALANGAN PELAJAR”. bersama narasumber Halimatus Sa’ada (@Halimatussaadah84), seorang guru sekaligus relawan Mafindo Jombang, Jawa Timur.

Rabu, 10 Februari 2021 19.30 – 20.00

#mafindo

#turnbackhoax

#perempuanperiksafakta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *