[ACARA] MAFINDO Malang: “Cek Fakta Seputar COVID-19 & Isu Bisnis RS di Balik Corona”


Daring via Zoom, 5 Agustus 2020 10:00-11:30 WIB | Pendaftaran: bit.ly/MafindoMLG#LawanHoax#FactCheck#DigitalLiteracy
======
Di era digital ini kita semua menghadapi banjir informasi dimana hoaks, fitnah, dan hasutan menyerbu lewat layar gawai dalam genggaman, menggerus kewarasan nalar. Bahkan di masa pandemi COVID-19, fitnah dan kekerasan banyak terjadi pada tenaga kesehatan yang sedang berusaha mengobati masyarakat.


Seperti adanya pengakuan sejumlah orang bahwa RS berbuat curang : menyogok pasien agar mau dirawat dan mengaku positif COVID-19, dengan tujuan RS mendapatkan keuntungan terutama finansial. Saat hal ini ditelusuri lebih lanjut: dimana, kapan dan apa buktinya? Mereka selalu mengelak, artinya hal seperti ini tidak valid dan dipertanyakan kebenarannya.


Namun fitnah yang mereka sebarkan telah membuat masyarakat curiga kepada petugas kesehatan. Akibatnya ada beberapa tenaga kesehatan yang dipukul, dikeroyok dan juga dilecehkan saat sedang bertugas dalam penanganan COVID-19.


Masyarakat perlu disadarkan kembali bahwa tindak penyebaran hoaks serta aksi kekerasan yang dilakukan, dapat terkena akibat hukum sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *