[ACARA] Relawan Mafindo Mengedukasi Warga Kayuapak Soal Hoaks

Puluhan warga tampak menyemut di pendopo pertemuan warga yang terletak di sebelah mesjid Dusun Kayuapak, Desa Wonolopo, Kabupaten Karanganyar, Minggu (7/3) pagi. Mereka datang untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis, serta pasar murah barang kebutuhan pokok, dalam rangkaian bakti sosial yang diadakan oleh Karang Taruna Kreatif Dusun Kayuapak.
Selain belanja barang secara murah dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, warga juga mendapatkan penyuluhan kesehatan dan antihoaks.


Materi penyuluhan diawali oleh Wardoyo, AMd.Kep, dari Puskesmas Tasikmadu yang mengangkat materi tentang bagaimana mengantisipasi dan menangani penyakit-penyakit non menular, di antaranya kolesterol, asam urat dan tekanan darah tinggi.


Sesi kedua penyuluhan, relawan Mafindo Soloraya, Erwina Tri S, menyampaikan pemaparan “Mengantisipasi Hoaks Kesehatan di Sekitar Kita”. Meski di antara 50-an warga yang hadir, hanya sedikit di antaranya yang memiliki dan terbiasa menggunakan piranti telepon genggam, namun ternyata mereka mereka juga pernah mendapatkan informasi hoaks.

Terutama yang tengah menjadi perbincangan publik belakangan ini, yaitu tentang virus Corona-2, peyebab dari penyakit Covid-19. Dalam pemaparannya, Erwina mencontohkan, bagamana caranya agar tidak termakan info hoaks, secara sederhana. “Jangan langsung percaya dengan semua infomasi yang Anda terima nggih Bapak Ibu. Apalagi informasi yang tidak jelas sumbernya, alias cuma “jarene” (katanya),” tandas Erwina.


Peserta penyuluhan juga diajak untuk meneliti kelengkapan suatu narasi dengan formula 5W1H, sebagai salah satu syarat kredibilitas suatu narasi. Penyuluhan ini diakhiri dengan sesi tanyajawab dan pembagiaan merchandise berupa kalender meja SHI, untuk peserta yang aktif bertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *