[ACARA] Mafindo Turut Serta Dalam Seminar Literasi Digital Kominfo di Nusa Tenggara Timur

Bersama dengan Subdit Literasi Digital Kominfo, Mafindo berkolaborasi mengadakan seminar Literasi Digital di 2 kabupaten di Nusa Tenggara Timur, Relawan Mafindo yang hadir sebagai pemateri tentang wacana hoaks dan pelatihan cek fakta adalah Giri Lumakto. Seminar pertama diadakan di Kabupaten Belu.

Pada kesempatan ini, dihadiri juga oleh Wakil Bupati Kabupaten Belu beserta jajaran Sekda. Juga hadir adalah dinas Kominfo daerah dan jajarannya. Dan ratusan mahasiswa dan siswa SMA. Bertempat di gedung pertemuan Batelalenok kota Atambua, seminar berlangsung menarik. Dari Subdit Literasi Digital banyak diketengahkan soal efek negatif dunia digital dan solusinya. Sedang dari Mafindo, peserta dilatih untuk melakukan cek fakta.

Seminar kedua dilakukan di Kabupaten Malaka Barat. Kabupaten ini termasuk kabupaten muda karena baru beroperasi pada tahun 2013. Seminar dibuka oleh Sekda Kabupaten Malaka Barat dengan dihadiri beragam elemen pemerintah. Seminar ini dilakukan di SMA Negeri 1 Besikama, Malaka Barat. Dihadiri ratusan siswa dari kelas 10 dan 11, mereka antusias memperhatikan seminar. Dimulai dengan gim Kahoot oleh narasumber dari Subdit Literasi Digital, Rangga Adi Negara. Seminar berlangsung riuh sekaligus inspiratif. Sedang cek fakta dengan melakukan praktek juga melibatkan guru selain 300 siswa yang hadir pada waktu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *