[ACARA] Mafindo Dalam Talkshow Antihoaks di Radio Suara Jombang “Antara Hoaks dan Kewaspadaan”

Penyebar hoaks di lingkaran terdekat seperti lingkaran keluarga dan teman dekat umumnya menjadikan pentingnya kewaspadaan sebagai alasan. Hal ini mendorong diangkatnya tema ini dalam program  talkshow interaktif Mafindo Jombang pada program Internet Sehat di Radio Suara Jombang 104,1 FM tanggal 18 Februari 2020. Talkshow ini terselenggara atas  kerjasama MAFINDO Jombang dengan Kemkominfo Kabupaten  Jombang.
Narasumber talkshow ini adalah Erna Murti, penasehat MAFINDO Jombang. Dipandu host Radio Suara Jombang, Mbak Dian, selama kurang lebih 1 jam narasumber memaparkan tentang beberapa hoaks yang biasa disebarkan di lingkaran terdekat dengan dalih kewaspadaan. Di antara hoaks-hoaks tersebut adalah yang berkaitan dengan makanan, tips kesehatan, penanganan penyakit, dan hoaks kriminalitas seperti penculikan anak.
Narasumber mengajak agar masyarakat tidak menganggap enteng penggunaan hoaks agar orang lebih waspada karena dampak negatif yang ditimbulkan lebih besar dari manfaat yang didapatkan. Hoaks yang dipercaya dapat mengakibatkan penanganan yang salah terhadap penyakit, gaya hidup yang tak sehat, ketakutan yang berlebihan, bahkan potensi permusuhan dan rasisme. Narasumber juga mengimbau agar masyarakat terlebih dahulu memeriksa informasi dan menyebarkan klarifikasi informasi yang sudah diketahui sebagai hoaks. Selain mendiskusikan bahaya hoaks dan cara yang baik untuk mengajak waspada, narasumber juga membahas Top Five Hoax yang mendapatkan interaksi tertinggi selama seminggu terakhir.
Diskusi interaktif berjalan lancar dan ditutup dengan saran agar kita selalu bersikap positif, memperbanyak membaca referensi yang valid dan tidak bergantung pada media sosial, terutama untuk informasi-informasi penting yang membutuhkan kewenangan atau kepakaran terentu bagi sumber informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *