[ACARA] Mafindo Semarang Ajak Generasi Z Menangkal Hoaks

Relawan MAFINDO Semarang menjadi narasumber pada seminar Generasi Z Menangkal Hoax di SMAN 13 Semarang (27/2). Kegiatan ini diseleggarakan oleh Wahid Foundation, yang sudah bekerjasama dengan SMAN 13 Semarang untuk mewujudkan Sekolah Damai. Kegiatan ini dihadiri 100 siswa dari SMAN 13 Semarang dan sekolah imbas di sekitar SMAN 13 Semarang beserta guru-guru.

Acara dibuka oleh Kepala SMAN 13 Semarang pada pukul 09.30. Setelah sambutan-sambutan, seminar dimulai dengan moderator Maulia dari Wahid Foundation.

Narasumber pertama, Priska Nur Safitri, menyampaikan seputar hoaks, bahayanya, dan cara menangkalnya. Anggota Litbang MAFINDO Pusat ini menyampaikan bahwa sejak 2016, jumlah hoaks yang berhasil diidentifikasi dan diperiksa kebenarannya selalu meningkat secara signifikan, dengan dominasinya adalah hoaks politik dan agama. Selain itu, Priska juga memberikan contoh-contoh hoaks terkini.

Priska juga menyampaikan fiqih bermedia sosial yang baik, yaitu dengan melihat kebenaran dan manfaat. Pesan penting dari Priska adalah bahwa bermedsos itu bukan ‘yang penting posting’ namun ‘posting yang penting.’

Narasumber kedua, Amalia Raissa Ardiani, menyampaikan materi pemeriksaan fakta sederhana. Raissa memandu peserta seminar memeriksa kebenaran informasi berupa narasi dan foto, menggunakan aplikasi Hoax Buster Tools. Raissa mengatakan, sebenarnya banyak hoaks yang merupakan ‘hoaks lama bersemi kembali’ sehingga penggunaan HBT akan banyak membantu untuk melawan hoaks.

Antusiasme peserta seminar untuk menjajal HBT sangat besar. Tidak hanya para siswa, bapak-ibu guru juga ikut bersemangat melakukan periksa fakta menggunakan alat-alat yang ada dalam aplikasi HBT.

Setelah materi dan tanya-jawab, peserta seminar bermain bersama. Permainan Kahoot yang terdiri dari 15 pertanyaan seputar materi berlangsung seru, dengan 41 ponsel yang terdaftar mengikuti Kahoot saling susul-menyusul. Banyaknya jumlah jawaban benar dan ketatnya persaingan dalam permainan Kahoot ini menunjukkan pemahaman peserta yang tinggi akan materi seminar.

Acara berakhir pukul 11.30. Para peserta dan pemateri kemudian menyempatkan diri untuk foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *