[ACARA] Komisariat Mafindo Bandung Mengisi Edukasi Anti Hoaks dengan Banyak Permainan

Komisariat MAFINDO Se – Kota Bandung langsung menyelenggarakan kampanye publik anti hoaks di area Car Free Day (CFD) di depan EduPlex Coworking Space, Jl. Ir. H. Juanda No.84, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat pada Minggu 23 Februari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan setelah sehari sebelumnya, 12 Komisariat MAFINDO tersebut mengikuti acara pelatihan literasi digital, lomba periksa fakta dan deklarasi komisariat.

Kampanye publik anti hoaks yang mengambil tajuk “Generasi Milenial Menjadi Pemeriksa Fakta dalam Keluarga” ini dimulai dari pukul 06.00 sampai 09.00 Wib. Dalam waktu tersebut para anggota komisariat menjelaskan tentang seputar MAFINDO, Komisariat MAFINDO dan alat pencarian fakta dari MAFINDO kepada masyarakat yang ada di area CFD tersebut.

Ketua Komite Fact Checker MAFINDO, Aribowo Sasmito menyambut positif partisipasi para anggota Komisariat MAFINDO yang ada di Bandung. Ia memberikan semangat kepada anggota Komisariat MAFINDO agar tidak mudah menyerah untuk memberitahukan klarifikasi fakta dari suatu hoaks kepada anggota keluarga di grup – grup Whatsapp. Selain itu Ari juga berpesan kepada para anggota Komisariat MAFINDO untuk terus mengasah soft skillnya yakni berpikir kritis dan berkolaborasi dalam melawan hoaks serta menggencarkan literasi.

Selain itu, Ketua Panitia sekaligus Manajer Program Hoax Crisis Centre (HCC) Jawa Barat, Dedy Helsyanto menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memantik para milenial khususnya mahasiswa untuk sadar dan berkeinginan melawan hoaks. Tidak berhenti sampai disitu, para anggota komisariat ini pun akan terus dilatih agar mempunyai kemampuan memeriksa fakta yang mumpuni.

Dedy yang juga Pemeriksa Fakta Senior MAFINDO berharap jumlah Komisariat MAFINDO dengan kegiatan – kegiatan serupa semakin banyak di daerah, kota, kabupaten atau provinsi lainnya yang tentunya berkolaborasi juga dengan relawan – relawan seperti yang ada di Kota Bandung ini.

Dalam kegiatan kampanye publik anti hoaks ini, Komisariat MAFINDO yang ada di Bandung pun mengisinya dengan berbagai permainan, diantaranya permainan ular tangga literasi digital. Yang paling menarik adalah permainan kuda bisik yang melibatkan orang tua, dewasa dan remaja. Acara tersebut semakin seru ketika para anggota Komisariat MAFINDO di Bandung, kawan – kawan panitia dari Komisariat yang ada di Jabodetabek dan kawan – kawan Fact Checker MAFINDO membuat video Tik Tok yang menarik perhatian para peserta CFD.

Diketahui dari kegiatan tersebut, terdapat sekitar 70 masyarakat yang berpartisipasi dengan mengisi daftar hadir yang telah disiapkan panitia. Ada juga masyarakat yang langsung mendownload alat Hoax Buster Tools dari MAFINDO dan mengikuti media sosial MAFINDO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *