[ACARA] Talkshow Antihoaks “Seputar Virus Corona dan Hoaks Kesehatan”

Sehubungan dengan maraknya hoaks kesehatan, terutama sejak munculnya virus corona di Wuhan, maka sebagai pelaksanaan salah satu program kerja Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Chapter Jombang yakni Talkshow Internet Sehat di Radio Suara Jombang 104, 1 FM maka diselenggarakan talkshow on air dengan tema “Seputar Virus Corona dan Hoaks Kesehatan”, bekerjasama dengan Kemkominfo Kabupaten Jombang dan Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 4 Februari 2020.

Target audiens kegiatan ini adalah masyarakat umum yang menjadi mitra dengar radio Radio Suara Jombang. Akan tetapi cakupan audien dapat lebih luas karena program ini juga disiarkan streaming di https://onlineradiobox.com/id/suarajombang/. Karena belum ada data dari kominfo  Kabupaten Jombang tentang jumlah pendengarnya maka jumlah peserta kegiatan ini juga belum dapat diidentifiksi

Narasumber pada kegiatan ini adalah Koordinator Mafindo Jombang, Nuril Hidayah dan Dr. dr. Ade Armada Sutedja, SH., M.KP dari Ikatan Dokter Indonesia Kab. Jombang. Dengan host Radio Suara Jombang, Mas Ade, para narasumber berdialog tentang virus corona dan hoaks yang muncul berkaitan dengannya.

Dr. Ade berpesan agar masyarakat tidak panik meskipun virus corona belum ada antivirusnya. Di Indonesia belum ada laporan pasien yang terjangkit virus corona jenis N-COV 2019 yang baru ditemukan di Wuhan. Selain itu, akibatnya pada tubuh pun berbeda-beda tingkat keparahannya sesuai dengan daya tahan tubuh. Tidak berarti setelah terjangkit orang bisa langsung meninggal. Menurut dr. Ade, saat ini pemerintah sudah mengambil langkah yang cukup bagus untuk mengantisipasi persebaran virus ini. Untuk masyarakat, dr. Ade mengingatkan agar tidak terpengaruh oleh hoaks tentang virus corona yang tengah banyak beredar, serta memaksimalkan pencegahan dengan menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh. Salah satu contohnya dengan cara rajin mencuci tangan sesuai standar WHO, dan jika bersin tutup dengan lengan, bukan tangan.

Narasumber dari MAFINDO Jombang mengungkapkan tipologi hoaks virus corona dari segi kontennya. Sebagian menyajikan informasi palsu tentang pasien corona virus di beberapa kota di Indonesia, sebagian tentang tips upaya penanganan, sebagian membawa nuansa politik, agama, dan bahkan ras. Narasumber dari IDI dan MAFINDO menyoroti dampak negative hoaks tentang virus corona ini tidak hanya berbahaya karena dapat menyebabkan precaution yang tidak perlu dan penanganan yang keliru, tetapi juga dapat menyuburkan rasisme dan kepanikan komunal. Karena itu, sangat penting bagi semua pihak untuk membagikan informasi yang benar dan mencegah penyebaran hoaks kesehatan, khususnya terkait virus corona.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan materi tersampaikan dengan baik. Selain itu, pihak Radio Suara Jombang menyediakan dokumentasi yang sewaktu-waktu dapat diputar ulang sesuai kebutuhan. Dengan lancarnya kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang hoaks, apa saja yang sedang banyak tersebar, serta bagaimana fakta yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *