[ACARA] Mafindo Ambon Dalam Sosialisai dan Edukasi Anti Hoaks di Desa Hualoy


Relawan MAFINDO Ambon ikut berpartisipasi dalam giat Aksi Peduli Pendidikan di Desa Hualoy, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pada hari Senin, tanggal 27 — 29 Januari 2020.
Aksi peduli ini merupakan kolaborasi antar relawan Gerakan Sayang Maluku, Granat Maluku dan HIPPMAH, dengan tujuan untuk memulihkan kondisi pendidikan di Desa Hualoy Tomalehu pasca konflik beberapa waktu lalu.

Kehadiran Relawan MAFINDO dalam aksi ini adalah untuk mensosialisasikan serta memberikan edukasi anti hoax. Selama berproses peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang dilakukan oleh relawan, hal ini dapat dilihat dengan adanya pertanyaan-pertanyaan kritis serta keseriusan mereka dalam menerima materi maupun kegiatan games anti hoax lainnya.

Adapun lokasi pelaksanaan kegiatan dilakukan pada dua tempat, yakni SMA 11 Seram Bagian Barat dan Hutan Kali Ama Hualoy. Metode penyampaian materi dilakukan dalam bentuk ceramah, diskusi, praktek dan games anti hoax.

Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari MTS Zainal Abidin Hualoy, SMP 4 Amalatu, SMP 5 Amalatu dan SMA 11 Seram Bagian Barat.

Pada kegiatan kali ini, relawan MAFINDO hanya difasilitasi dengan satu buah infocus pada kelas SMA, sementara untuk peserta tingkat SLTP tidak ada, sehingga penyampaian materi dilakukan seadanya saja dengan menampilkan beberapa poster-poster Stop Hoax Indonesia.

Setelah relawan memberikan materi anti hoax terhadap siswa di kelas, kegiatan dilanjutkan dengan jelajah hutan, yang didalamnya terdapat beberapa pos-pos untuk memberikan tantangan kepada para peserta. MAFINDO sendiri berada pada pos 2 untuk memberikan edukasi lanjutan berupa pertanyaan-pertanyaan tentang hoax serta games anti hoax.

Semoga dengan kegiatan tersebut, para siswa dapat menambah wawasan dalam menggunakan media social sebaik mungkin serta menjadi duta anti hoax dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun kampong halamannya.  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *