[ACARA] Dakta FM Bekasi: Millenial Bicara “Nge-Vlog Beretika”

Rabu, 18 Desember 2019, Aribowo Sasmito (Co-Founder, Ketua Komite Pemeriksa Fakta) dan MAFINDO Jakarta mendapatkan undangan dari Dakta FM Bekasi untuk berpartisipasi di acara dengan tema: Millenial Bicara “Nge-Vlog Beretika”.

Acara dimulai pukul 13:00, berakhir pada pukul 17:00. Pembicara pertama adalah Vlogger muda keren Pitunov yang berbicara tentang seputar dunia Vlogging, bagaimana memulai menjadi Vlogger, langkah-langkahnya, sampai peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi Vlogger profesional.

Pembicara kedua dari MAFINDO, Ari, berbicara tentang seputar hoaks, bagaimana dunia berubah dimana dahulu berita dihasilkan oleh media seperti koran, televisi atau radio dan kita sebagai konsumennya. Namun saat ini, semua orang bisa menjadi produsen, distributor juga konsumen. Kemudian juga tentang mis dan disinformasi, literasi digital dan contoh-contoh hoaks yang beredar di masyarakat, juga bagaimana millenials wajib bijak dalam bermedia sosial.

Pembicara ketiga adalah Heriqo Wibawa Satria, Direktur Eksekutif Komunikonten yang juga seorang pengamat media sosial. Berbicara tentang manfaat dari media sosial, dimana kita terlebih dahulu harus menetapkan tujuan hidup kita sebelum memutuskan untuk aktif dalam bermedsos. Intinya, bermedsos harus dengan cara yang “sehat”.

Acara dengan ilmu dan para pembicara yang keren, perlu beberapa hari untuk menyampaikan materi, namun Dakta FM bisa mengemas sedemikian rupa hanya dalam waktu tiga setengah jam. Luar biasa!

Antusiasme dari para millenials dengan pertanyaan-pertanyaan kritis di sesi tanya jawab seakan memberikan pencerahan luar biasa kepada seluruh peserta yang hampir semuanya adalah mahasiswa dan mahasiswi dari kampus-kampus di wilayah Bekasi, salah satu pertanyaan adalah mengenai penyebaran hoaks berkaitan dengan UU ITE.

Dengan semakin banyak acara serupa semoga millenials Indonesia semakin “MENANG” dan berwawasan luas dalam memerangi hoaks di negri tercinta kita. Indonesia menang! Indonesia tanpa hoaks!

======

Sumber: http://bit.ly/2PLy83C / http://archive.md/CkIu2 (arsip cadangan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *