[ACARA] MAFINDO Jakarta: Pelatihan TOT Relawan Jakarta

Sabtu, 30 November 2019, dilaksanakan di Ruang Komunal Facebook Indonesia, MAFINDO Jakarta melaksanakan TOT untuk pertama kalinya yang diikuti oleh 27 peserta. Berangkat dari pemikiran “Setelah terdaftar menjadi relawan MAFINDO, selanjutnya apa?”, TOT ini adalah untuk mempersiapkan para peserta untuk menjadi pengisi materi.

TOT dilaksanakan dengan membagi relawan menjadi tiga kelompok:

  1. Kelompok pertama, yang terlatih bicara di depan umum, nantinya akan mengisi materi ke tingkatan “Rumit”.
  2. Kelompok kedua, yang siap mengisi materi untuk ibu-ibu PKK dan majelis taklim.
  3. Kelompok ketiga, mahasiswa atau mereka yang berjiwa milenial, nantinya dilatih untuk mengisi acara di komunitas, SMA, SMP, SD dan sebagainya.

Alhamdulillah acaran berjalan lancar dan seru. Yani Sujaya, Koordinator MAFINDO Jakarta, menjadi pengisi materi pertama, menceritakan tentang MAFINDO dan latar belakang MAFINDO melawan hoax. Berikutnya Silma Agbas, mengisi materi mengenai Digital Hygiene. Dan yang terakhir, Heni Mulyati berbagi tips dan teknik ice breaking kepada teman-teman relawan ketika berhadapan dengan peserta.

Selain itu, dimatangkan juga konsep “Multi Level Mafijak (MLM)” yang menyasar grup-grup WhatsApp. Caranya, setiap muncul post “Hoax of The Week” akan dibagikan oleh teman-teman ke grup WhatsApp yang mereka ikuti. Setelah itu, kami akan cari lagi “Kaki kaki” kebawah yang tugasnya sama, yaitu membagikan post “Hoax of The Week” juga. Konsep MLM ini diharapkan dapat menembus media sosial yang tergolong “Dark Social” (karena ada fitur enkripsi).

Rencana berikutnya dari Mafijak, setiap 3 bulan sekali akan mengadakan pertemuan diisi dengan sesi berbagi untuk menghidupkan ruang diskusi antar teman-teman relawan. Tak kenal maka tak sayang, karena itulah pertemuan rutin perlu diadakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *