[ACARA] Edukasi di RSPAD

Selasa, 26 November 2019, bertempat di aula lantai 6 Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, Indriyani Nuryadi (relawan MAFINDO Jakarta), Dewi Sari (Direktur Operasional) dan Dedy Helsyanto (anggota Tim Pemeriksa Fakta MAFINDO) melakukan edukasi Menangkal Hoaks Kesehatan dan Deteksi hoaks. Para peserta adalah dokter, manajemen, tim humas, perawat, dan administrasi.

Awal mulanya pada hari Jumat, 22 November 2019, kami diterima terlebih dahulu oleh Direktur Pembinaan dan Pengembangan, Dokter Abraham Arimuko dan Dokter Ibrie, untuk kemudian diarahkan langsung mengadakan edukasi pelatihan anti hoaks khususnya menyangkut hoaks kesehatan dan isu yang berkaitan dengan rumah sakit, khususnya dalam edukasi ini tentang RSPAD.

Dewi S Sari mewakili MAFINDO menyampaikan tujuan edukasi dan harapan atas apa yang bisa diperoleh dan dimanfaatkan ke depannya setelah mendapatkan ilmu ini, agaimana efek yang dapat ditularkan dimulai dari keluarga dan lingkungan terdekat sehingga semakin meluas.

Dipaparkan juga dasar meneliti serta bagaimana melakukan penanganan dini terhadap berita dan gambar hoaks. Disampaikan oleh Dedy Helsyanto, pemeriksa fakta MAFINDO, yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Tim rumah sakit adalah duta yang diharapkan dapat menjadi agen perubahan untuk informasi yang lebih benar dan bermanfaat, mereka adalah salah satu ujung tombak informasi yang efektif.

Acara ditutup dengan permainan Kahoot. Dari permainan ini pun kita mengambil pelajaran bahwa banyak hal yang masih menjadi pekerjaan rumah kami sebagai edukator, bagaimana agar masyarakat semakin berhati-hati membaca hubungan gambar dengan kalimat, termasuk konteksnya.

Ke depan sangat diharapkan kedua pihak segera akan ada kerjasama berkesinambungan antara MAFINDO dan RSPAD, termasuk ke bagian Akademi Perawat. Sungguh acara yang sangat menarik, terima kasih kami ucapkan kepada jajaran manajemen RSPAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *