[ACARA] Kominfo: Workshop Penanganan Konten Internet Negatif

Kamis, 14 November 2019, MAFINDO mendapat kesempatan menjadi salah satu narasumber pada kegiatan “Workshop Penanganan Konten Internet Negatif” yang diadakan oleh Kominfo. Kegiatan ini dihadiri oleh Aparat Penegak Hukum Provinsi Bali, Komunitas TIK, dan perwakilan Mahasiswa dari beberapa Perguruan Tinggi.

Acara dibuka dengan pemaparan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Narkoba oleh BNN Provinsi Bali, dilanjutkan dengan paparan oleh MAFINDO yang membawakan materi Penanganan Konten Hoax di Dunia Maya. Berikutnya, paparan Tren Kejahatan Siber dan Penanganannya oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, diakhiri dengan materi Literasi Digital Partisipasi Publik untuk penanganan konten Internet Negatif oleh SiBerkreasi.

MAFINDO menyampaikan bahwa tindakan nyata yang bisa dilakukan pada era digital ini adalah menumbuhkan imunitas atau kekebalan pada masyarakat melalui kemampuan mengenali ciri-ciri hoax sehingga masyarakat tidak lagi mudah terprovokasi pada berita bohong atau hoax. Hoax menyebar karena penerima berita tidak mampu dan tidak mau mencari fakta. Daripada dipusingkan oleh maraknya berita bohong, akan lebih baik mengabaikan informasi yang terindentifikasi atau memuat ciri berita hoax.

Semoga workshop ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman mengenai cara penanganan konten-konten negatif di Internet yang saat ini semakin marak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *