[ACARA] Gerakan Pramuka Gugus Depan Bangkalan: “Seminar Nasional Milenial Anti Hoax”

Sabtu, 2 November 2019, merupakan kebanggaan tersendiri bagi MAFINDO diberikan kesempatan menjadi pemateri dalam “Seminar Nasional Milenial Anti Hoax” di Universitas Trunojoyo Madura yang diinisiasi oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan Bangkalan.

Dihadiri sekitar 120 anggota Pramuka Bangkalan, mulai dari siswa SMA maupun Mahasiswa Universitas Trunojoyo. Seminar diadakan dengan tujuan memberikan edukasi bagi kader Pramuka agar cerdas dan bijak memilah informasi dan ikut melawan berita bohong, karena SETIAP PRAMUKA ADALAH KANTOR BERITA.

Rovien Aryunia (Presidium MAFINDO) menyampaikan materi “STOP Hoax Indonesia – Saring Dulu Sebelum Menyebarkan”. Materi STOP Hoax Indonesia didesain khusus untuk memudahkan edukasi bagi publik, agar masyarakat mau dan mampu melakukan cek fakta sehingga dampak hoax berkurang.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan saat menerima informasi:

S untuk See, yaitu lihat dan kenali hoaks.
T untuk Talk, yaitu diskusikan, agar orang-orang bisa paham dan berdiskusi memahami sumber-sumber yang dapat dipercaya.
O untuk Observe, yaitu amati lebih lanjut dengan menggunakan aplikasi Hoax Buster Tools (HBT).
P untuk Prevent, yaitu publikasikan berita yang telah diverifikasi untuk mencegah penyebaran hoax. Tulis fakta beserta klarifikasinya, sertakan juga referensinya, publikasikan melalui sosial media kita.

Semoga materi yang dipaparkan memberikan dampak kebaikan bagi para peserta seminar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *