[ACARA] MAFINDO Depok: STOP Hoax Indonesia di SMK Nusantara Mandiri dan Kelurahan Pondok Cina

Sabtu, 12 Oktober 2019 di SMK Nusantara Mandiri.

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta yang dilakukan siswa dan siswi SMK Nusantara Mandiri. Setelah registrasi, setiap peserta mendapatkan pulpen, stiker, dan pin. Setiap peserta dibagikan lembar pre test yang berisi dua jenis lembar isian. Isian pertama terkait dengan mengukur pengetahuan dan lembar isian kedua mengukur sikap peserta terhadap hoaks dan lain-lain. Setelah mengisi, jawaban peserta dikumpulkan kepada panitia.

Dilanjutkan dengan doa sebelum memulai acara dan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Sambutan pertama oleh Pak Andika, selaku guru sekolah dan membuka acara pada hari itu. Kemudian, sambutan dari Koordinator Mafindo Depok yang diwakili oleh Pak Ristu.

Fasilitator yang memandu sesi adalah Heni Mulyati. Acara diawali dengan kuis berhadiah dengan menanyakan 3 hal manfaat positif media sosial dan 3 hal dampak negatif media sosial. Ditayangkan video pertama untuk membangun konsentrasi peserta. Setelah itu, fasilitator mengenalkan profil Mafindo (latar belakang, nilai, visi misi, dan profil relawan).

Fasilitator menjelaskan mengenai program SHI (Stop Hoax Indonesia). Termasuk gambaran STOP (See, Talk, Observe, Prevent) serta mengapa program menyasar pada kelompok ibu-ibu dan anak muda. Dilanjutkan dengan video explainer bagaimana melakukan cek fakta. Pada video ini dijelaskan langkah-langkah praktis dalam mengenali hoaks, termasuk di dalamnya penjelasan mengenai STOP.

Sesi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai konsep-konsep: Hoaks, Misinformasi, Disinformasi, STOP (See, Talk, Observe, Publish – Prevent), Berita BUKAN iklan, Ciri-ciri hoaks, Flagging, dan HBT.

Setelah menjelaskan konsep-konsep di atas, dilanjutkan dengan penayangan video tentang hal yang terjadi jika mengabaikan cek fakta. Kemudian mendiskusikan tayangan tersebut bersama dengan peserta.

Selanjutnya, peserta diminta melakukan upload foto peserta dengan tag ke akun IG: turnbackhoaxid dan hastag #STOPHoaxIndonesia, #TurnBackHoax, serta #StopHoaxBeAHero. Terdapat hadiah menarik bagi peserta yang melakukan upload foto dengan tag dan hastag yang tepat.

Sesi diakhiri dengan permainan online menggunakan kahoot. Tiga pemenang menerima hadiah dan ditutup dengan mengisi post test serta lembar evaluasi.


Sabtu, 19 Oktober 2019 dan Minggu, 20 Oktober 2019 di Kelurahan Pondok Cina.

MAFINDO Depok bekerja sama dengan komunitas Rumah Tanpa Jendela (RTJ) mengadakan edukasi bagi ibu-ibu. Dilaksanakan setelah senam pagi di Kelurahan Pondok Cina Depok, acara kali ini adalah tentang pengenalan hoaks sebagai bagian dari program STOP Hoax Indonesia.

Acara diawali dengan sambutan dari Mas Ristu selaku koordinator MAFINDO Depok, dilanjutkan dengan sesi dari fasilitator. Media yang digunakan selain paparan adalah video tentang Keluarga Anti Hoax. Respons peserta terlihat antusias dan mengikuti sesi dengan semangat. Selain mendapat ilmu mengenai cara mengenali ciri-ciri hoaks, dibagikan juga cara penggunaan aplikasi Hoax Buster Tools (HBT). Hadiah dibagikan setelah menjawab kuis dari fasilitator.

Program ini tidak hanya untuk kalangan ibu-ibu tetapi ditujukan juga untuk anak muda di 17 kota, nantikan kami di kotamu!

#StopHoaxIndonesia #TurnBackHoax #StopHoaxBeAHero

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *