[ACARA] Audiensi dengan IFES

Jumat, 10 Oktober 2019, MAFINDO beraudiensi dengan Lisa Reppel dan Eko Anggoro dari IFES, dari MAFINDO diwakili oleh Muhammad Khairil selaku anggota Tim Pemeriksa Fakta dan Dewi Sari selaku Direktur Operasional MAFINDO.

Sebagai peneliti senior IFES (International Foundation for Electoral System), Lisa sangat tertarik terhadap peran MAFINDO dalam menangani disinformasi. Lisa menyatakan MAFINDO sering disebut oleh beberapa pihak sebagai organisasi yang kompeten secara daring (online) maupun luring (offline), salah satu indikasi bahwa MAFINDO sebagi organisasi anti hoaks mempunyai kontribusi penting untuk memberantas dan mengedukasi mengenai hoaks.

Menjawab pertanyaan mengenai harapan MAFINDO, ke depannya ditengah berkecamuknya isu politik baik itu secara lokal maupun global MAFINDO berharap dapat secara terus-menerus memberikan edukasi secara daring dan luring ke masyarakat, meningkatkan kapasitas organisasi, serta mengembangkan teknologi yang dibutuhkan untuk mendukung program-program MAFINDO. Karena memang sebaran disinformasi, fitnah, dan makian, umumnya muncul dan viral dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *