[ACARA] “Melatih Ketangguhan Menghadapi Hoaks”

Rabu, 2 Oktober 2019, diselenggarakan oleh Divisi Pemberdayaan & Gerakan Jabar Masagi bertempat di kantor Dinas Dikbud Provinsi Jawa Barat, Jalan Dr. Rajiman No.6 Bandung, kegiatan “Class Pengembangan Series Komunitas Guru Masagi” dilaksanakan untuk memberikan pembekalan tentang cara mengetahui dan menangani hoaks bagi kalangan pendidik. Kegiatan dilaksanakan di Ruang PPDB Lt.2 pukul 13:00-14:30 WIB.

Peserta kegiatan dalam pertemuan adalah 25 orang guru dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Pembicara yang hadir adalah dari Koordinator MAFINDO Bandung Raya, Hadi Purnama, Drs.,M.Si., materi yang disampaikan diantaranya tentang visi dan misi MAFINDO serta kegiatan-kegiatannya, juga membahas tentang jenis-jenis hoaks (misinformasi dan disinformasi) disertai contohnya, motivasi penyebaran hoaks, serta meminta seluruh peserta dan fasilitator mengunduh aplikasi Hoax Buster Tools (HBT), mengenalkan aplikasi Kalimasada, FAFHH, serta langkah-langkah menangani hoaks.

Kegiatan berjalan cukup lancar, diawali dengan pretest mengenali informasi yang termasuk hoaks, serta membahas pertanyaan, masukkan, dan kasus yang disampaikan oleh peserta. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta kegiatan lebih bijak dan kritis dalam menggunakan gawai dan media sosial. Literasi ini menjadi sangat penting untuk turut mengajak masyarakat meredam sebaran hoaks yang tentunya hoaks itu lebih banyak mengakibatkan kerugian dan bisa berakibat sangat fatal bagi kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *