[ACARA] SiBerkreasi: “Netizen Fair 2019”

Sabtu, 5 Oktober 2019, Mal Kota Kasablanka sejak pagi mulai dipenuhi anak muda dari penjuru Jakarta dan sekitarnya dari sekolah, pesantren, kampus, maupun komunitas lainnya. Ada juga generasi dewasa yang ambil bagian dalam acara tersebut, satu per satu dengan tertib mereka memasuki ruangan yang disediakan panitia. Disediakan berbagai workshop dan sesi yang dilaksanakan bersamaan, salah satunya sesi pengenalan hoaks yang dibawakan oleh Aribowo Sasmito, Ketua Komite Pemeriksa Fakta MAFINDO yang berduet dengan Fajar Eri Dianto dari RTIK.

Menurut informasi dari panitia, terdapat lebih dari 16 ribu orang yang mendaftar. Setiap kelas dipadati peserta sesuai dengan tema yang diminati. Hiburan, musik, diskusi, pameran, semua menyatu dalam rangkaian acara. MAFINDO termasuk salah satu komunitas yang turut ambil bagian dari ratusan lebih komunitas yang tergabung dalam jejaring SiBerkreasi. Booth MAFINDO kali ini menggabungkan edukasi, permainan, dengan pemberian hadiah dan souvenir bagi peserta yang meramaikan booth MAFINDO. Relawan yang bertugas di booth MAFINDO antara lain Elfa, Hari, Heni, Juli, Handar, dan Kristien.

Terdapat lima kali sesi lomba yang dibuka di booth MAFINDO, peserta cukup mendaftar dan memanfaatkan peramban (browser) untuk membuka Kahoot. Tak jauh dari layar, terdapat dinding informasi yang bisa dibaca peserta agar dapat menjawab soal yang akan muncul. Nampak wajah-wajah antusias dan semangat para pengunjung booth MAFINDO ketika mengikuti lomba. Bahkan, ada yang ikut beberapa kali karena tertantang untuk memenangkan lomba. Di sela-sela acara, peserta dapat bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan MAFINDO dan apa saja yang sudah dilakukan MAFINDO selama ini. Beberapa peserta ada yang tertarik menjadi relawan.

Pada sore hari diadakan acara seremonial serah terima Ketua SiBerkreasi dari Dedy Permadi kepada Yosi Mokalu bertempat di panggung utama. Terima kasih atas sumbangsih yang telah diberikan Dedy Permadi selama ini, dan selamat bekerja untuk Yosi Mokalu. Rangkaian acara diakhiri dengan hiburan musik dan penampilan bintang tamu. Semua yang hadir merasa terhibur dan senang karena telah mendapat tambahan ilmu.

Semoga kegiatan ini menjadi pemicu untuk memasyarakatkan literasi digital lebih luas lagi dan berharap menjadi smart netizen yang bijak dalam menggunakan media sosial (HM).

Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Rudiantara, Menkominfo, yang sudah menyempatkan diri untuk mampir di booth MAFINDO
Aribowo Sasmito (kanan) dan Fajar Eri Dianto (tengah) di Workshop Fact Checking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *