[ACARA] Dokumentasi Acara “Stop Fake News” – Kolaborasi LINE, Associated Press dan MAFINDO

Pada hari Jumat, 27 September 2019 bertempat di Greenhouse Coworking Space di Gedung Multivision, Jakarta Selatan, LINE berkolaborasi dengan Associated Press dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk perduli pada berita palsu/hoaks.

Associated Press atau AP adalah salah satu kantor berita Amerika Serikat yang tertua dan terbesar di dunia. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Managing Director LINE, Mr. Dale Kim dan Lead dari LINE Today Octamandjaya Wiguna. Dari Associated Press, yang menjadi narasumber adalah Mr. Tamer L. Fakahany, Deputy Director Global News Coordinator AP, Chan Yim Kuen Vice President – Asia Sales, dan Andy Saputra Regional Executive – Asia AP. Dari MAFINDO yang menjadi narasumber adalah Dewi S Sari dan Aribowo Sasmito. Terjadi perbincangan yang menarik di sesi acara karena memang ada beberapa perbedaan antara sebaran hoaks di Indonesia dengan negara lain, hal ini diketahui saat peserta acara merasa bahwa apa yang dikatakan oleh Tamer bahwa penyebar berita hoaks lewat pesan kebanyakan dilakukan oleh kalangan muda dirasakan berbeda dengan yang terjadi di Indonesia. Namun semua sepakat bahwa sebaran hoaks bisa dicegah dengan meningkatkan literasi dan juga lebih banyak diadakan edukasi mengenai teknis cara mengenali dan menanggulangi hoaks.

MAFINDO menyampaikan mengenai data litbang oleh MAFINDO, kerja–kerja, serta langkah-langkah yang sudah dilaksanakan selama ini. Menjawab pertanyaan mulai dari mengapa generasi yang lebih tua banyak menjadi penyebar berita yang belum tentu kebenarannya dibandingkan generasi yang lebih muda, tentang apa implikasi hukum bagi penyebar hoaks, dan juga data litbang MAFINDO mengenai frekuensi dan jenis konten hoaks pada tahun 2018 hingga pertengahan 2019.

Kami sampaikan juga mengenai mekanisme sederhana yang mudah dipahami oleh peserta bagaimana para pemeriksa fakta melakukan proses periksa fakta mulai dari menemukan hoaks hingga menjadi tulisan hasil periksa fakta (hasil debunk-an), sehingga masyarakat awam dapat mudah memahami proses kerja yang dilakukan MAFINDO, baik secara daring maupun luring. Hadir juga beberapa relawan dari Bekasi, Jakarta, bahkan Karawang. Tanya jawab berlangsung dengan seru, apalagi saat acara berlangsung eskalasi berita politik dan berita menyangkut demonstrasi mahasiswa termasuk yang menjadi topik pertanyaan para anak muda yang hadir, yang memang kebanyakan adalah mahasiswa. Ke depan Octa dari LINE Today juga akan menjajaki dan mempelajari kemungkinan kerjasama lebih lanjut antara LINE dengan MAFINDO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *