[ACARA] MAFINDO Jombang: “Sosialisasi Antihoaks kepada Pemdamping PKH Kabupaten Jombang”

Pada hari Selasa, 24 September 2019 di Gedung Rumah Pelayanan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Jombang, MAFINDO Jombang mengadakan sosialisasi antihoaks dengan tema “Stop Hoax Be A Hero”. Kegiatan ini diikuti oleh 23 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Kabupaten Jombang.

Dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupateb Jombang Bapak Moch. Saleh pada pukul 14s.00 WIB, beliau mengapresiasi program MAFINDO Jombang untuk para pendamping PKH dan berharap kegiatan ini akan mampu meningkatkan sinergi antara berbagai pihak dalam melawan hoaks. Acara dimoderatori oleh M. Nuhin yang kemudian mempersilahkan para narasumber untuk menyampaikan materi. Sesi pertama adalah sesi sharing di mana peserta diajak berbagi pengalaman tentang hoaks apa saja yang pernah ditemui dan bagaimana para peserta menyikapinya selama ini. Sesi ini dipandu oleh Erna Murti. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan singkat tentang MAFINDO serta seluk beluk hoaks yang disampaikan oleh Nuril Hidayah. Sesi berikutnya adalah penyampaian materi tentang berbagai tools yang dapat dipakai untuk mengecek fakta serta tutorial penggunaannya oleh Hanifah Atmi Nurmala. Setiap sesi berjalan secara interaktif sehingga peserta dapat langsung berdialog tanpa menunggu sesi khusus untuk diskusi.

Kegiatan ini berakhir pada pukul 16.00 WIB dan berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Peserta juga berpartisipasi secara aktif selama kegiatan berlangsung. Dengan adanya feedback yang positif dari peserta diharapkan kegiatan ini dapat mendorong peserta untuk dapat berpartisispasi dalam upaya pencegahan hoaks dengan cara aktif mengecek fakta dan menyebarkan hasilnya pada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *