[ACARA] Dokumentasi Pelatihan Literasi Digital “Media Sosial Yang Menyatukan dan Memajukan”

Pada hari Rabu, 18 September 2019, MAFINDO Jakarta yang didukung oleh Internews mengadakan pelatihan literasi digital di hotel Amaroosa Bekasi dengan tema “Media Sosial Yang Menyatukan dan Memajukan”.

Internews sendiri adalah organisasi yang berbasis di London dan merupakan organisasi Independen yang mempunyai kepedulian terhadap media dan efeknya. Itu sebab kemudian MAFINDO diajak berkolaborasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Acara dipandu oleh Heni Mulyati sebagai MCnya, dengan pembicara pertama AG. Eka Wenats Wuryanta Ph.D, seorang ahli media dengan disertasi berjudul : Dinamika Demokratisasi Media Dalam Regulasi Penyiaran. Beliau juga seorang pengajar ilmu komunikasi di Universitas Paramadina.

Peserta diajak memahami peran media dalam kehidupan sehari-hari kita, dan mempelajari bagaimana literasi yang rendah, media bisa mempengaruhi cara pikir kita.

Lalu pembicara selanjutnya adalah Deddy Helsyanto, seorang mantan jurnalis yang menjadi factchecker senior dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia.

Materi kedua tentu saja berhubungan dengan hoax. Peserta dijelaskan apa saja definisi hoax dan turunannya. Sekaligus mempraktekkan bagaimana mencari tahu postingan hoax dari berbagai tools yang dimiliki oleh Mafindo.

Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, mereka dapat berpikir kritis dan menjadi agen perjuangan gerakan anti hoax.

Alhamdulillah, acara yang dimulai pukul 10.00 pagi dan berakhir pukul 16.30 diikuti sangat antusias oleh peserta.
Target sasaran kami memang pada masyarakat umum, pelajar, ibu rumah tangga, guru, pengusaha, organisasi masyarakat, dll.
Bahkan diskominfo kota Bekasi sendiri menghadirkan timnya untuk meliput acara kami.

https://diskominfo.bekasikota.go.id/…/Seminar-Mafindo-Media…

Ke depan, insya Allah, demi perjuangan merawat Indonesia menjadi lebih baik lagi, kami akan bersinergi mengedukasi masyarakat, terutama di wilayah Jakarta dan Bekasi.

Salam
Yani Sujaya
Koordinator Mafindo Jakarta

#ThankYouForNotSpreadingHoax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *