[ACARA] Mukernas II MAFINDO: “Konsolidasi dan Kolaborasi untuk Indonesia Tanpa Hoaks”

Laporan pencapaian dan penyusunan program kerja Masyarakat Anti Fitnah Indonesia pada Musyawarah Kerja Nasional II (Mukernas II), Yogyakarta 31 Agustus – 1 September 2019.

Tanpa terasa, kali ini kami Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) telah melakukan Musyawarah Kerja Nasional yang ke II. Mukernas pertama diadakan di Magelang, Jawa Tengah, pada tahun 2018 lalu. Tema Mukernas kali ini adalah “Konsolidasi dan Kolaborasi untuk Indonesia Tanpa Hoaks”. Peserta yang hadir sekitar 120 orang termasuk panitia yang begitu luar biasa dedikasi dan kesigapannya dalam menyelenggarakan acara ini.

Lebih dari sekedar acara untuk lepas kangen tahunan, Mukernas adalah wadah untuk konsolidasi, pelaporan pelaksanaan program dan rencana kerja mendatang, dan disampaikan juga mengenai pencapaian-pencapaian yang telah berhasil diraih. Selain itu, kami bersyukur karena pada acara ini disampaikan juga bahwa MAFINDO telah lolos audit oleh Kantor Akuntan Publik BUDIANDARU dengan Nomor Laporan Audit Independen 065-AL/601-00/AU.2/12/1253/1/VIII/2019, dengan adanya Laporan Audit Independen diharapkan MAFINDO semakin terjaga akuntabilitas dalam setiap aktivitasnya.

Mukernas kali ini sebenarnya sudah dimulai sejak hari Jumat (30 Agustus) dimana di lokasi yang sama berlangsung juga pelatihan program Stop Hoax Indonesia (SHI), oleh MAFINDO juga. Program SHI memberikan pembekalan ke wakil–wakil dari 17 wilayah kerja MAFINDO yang tersebar di seluruh Indonesia, acara pembekalan berlangsung serius dan bernas. Modul dipelajari dengan waktu yang padat, diharapkan setelah pembekalan peserta melakukan edukasi ke lingkungannya dengan pencapaian yang terukur. Para peserta program SHI tentu datang lebih dahulu ke lokasi acara Mukernas yang akan dimulai secara resmi pada keesokan harinya, namun ada juga beberapa peserta Mukernas yang kemudian datang pada Jumat pada siang hingga malam hari.

HARI PERTAMA

Mukernas dibuka oleh Septiaji Eko Nugroho selaku Ketua Presidium MAFINDO pada hari Sabtu, 31 Agustus 2019 pada pukul 08:30 pagi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Undangan yang hadir antara lain Kadis Kominfo DI Yogyakarta, Dandim Bantul, Polda Yogyakarta, Perwakilan Bupati, Bawaslu Provinsi, serta Perwakilan Komisioner KPU. Masing–masing undangan memberikan sambutan, kemudian berfoto bersama dengan para Penasehat dan Presidium MAFINDO. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian capaian-capaian MAFINDO, wejangan dari para Penasehat, masukan-masukan dari Presidium, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara berlangsung seru dan penuh kekeluargaan. Saling memberikan dukungan, memberikan masukan, hingga saling bercanda penuh kekeluargaan menjadi bagian dari diskusi yang berlangsung dengan serius namun santai.

Sesi Program Kerja MAFINDO dimulai setelah makan siang, dimulai dengan pemilihan Pimpinan Pleno dan Pengesahan Agenda, dan Pengesahan Tata Tertib Mukernas II 2019. Acara dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan pengurus pusat dan presidium. Menjelang malam kami jeda sejenak untuk melepaskan ketegangan dengan bernyanyi dan menari. Acara berlangsung seru dan heboh walaupun hanya beberapa jam.

Pukul 19:30 acara dilanjutkan dengan evaluasi kerja masing–masing wilayah, dimana para koordinator wilayah menyampaikan laporan kinerja di wilayahnya masing-masing, dan saling berbagi pengalaman. Koordinator yang hadir sekitar 17 orang.

Menjelang pukul 21:30 acara dilanjutkan dengan Rapat Komite, masing–masing Komite menyusun Rencana Kerja tahun 2019–2020. Komite-komite yang melakukan rapat adalah Komite Edukasi, Komite Penggalangan Dana, Komite Kampanye dan Publikasi, Komite Penelitian dan Pengembangan, Komite Organisasi, Komite Pemeriksa Fakta, dan Rapat Presidium. Acara dilanjutkan keesokan harinya.

HARI KEDUA

Hari kedua diisi dengan acara olahraga pagi bersama, sebagian peserta masih belum bangun karena padatnya acara rapat pada hari sebelumnya yang selesai pada dini hari, namun acara tetap berlangsung seru dan meriah. Acara selanjutnya adalah pembahasan hasil rapat komite dan Rencana Kerja tahun lalu, paparan disampaikan oleh Ketua masing-masing Komite diselingi sesi tanya jawab dengan para peserta. Tanya jawab berlangsung dengan hangat dan saling memberikan masukan yang berarti. Rapat ditutup dengan pengesahan hasil Mukernas II MAFINDO dan Penutupan Mukernas II oleh Septiaji Eko Nugroho, Ketua Presidium MAFINDO. Acara foto bersama menjadi pemungkas dari rangkaian kegiatan yang padat dengan program dan pembahasan kerja yang sudah dilakukan, evaluasinya dan rencana di tahun mendatang. Tidak ada waktu yang disia-siakan dalam rangkaian acara kegiatan ini.

Syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME atas ridhoNya dalam menyukseskan acara ini, semoga Masyarakat Anti Fitnah Indonesia bisa semakin menjaga kredibilitas dan kinerja sesuai dengan visi misi dan kode etik untuk menumpas hoaks dan sebarannya di bumi Indonesia tercinta ini. Terimakasih tak terhingga kepada para Panitia yang luar biasa, para pemangku kepentingan, para Penasehat, Presidium, Rekan Kantor MAFINDO, para Pemeriksa Fakta, serta para relawan MAFINDO yang begitu luar biasa. Semoga kita semua dapat menjaga MAFINDO dengan sepenuh hati, mohon maaf lahir dan batin jika ada hal–hal yang kurang berkenan. Semoga dapat selaras dengan Visi dan Misi MAFINDO sejak awal didirikan, yaitu menjadi organisasi berbasis masyarakat yang dinamis dan mandiri yang secara aktif berpartisipasi untuk mencerahkan dan mengembangkan kapasitas publik untuk berpikir kritis, dan juga meningkatkan kesadaran publik tentang bahaya hoaks, ujaran kebencian dan provokasi. Sungguh suatu pertemuan yang padat dengan program dan ke-guyub-an.

Salam Anti Hoaks!
Dewi S Sari, Direktur Operasional MAFINDO.

default

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *