[ACARA] Dokumentasi Kampanye Publik “Bersatu Melawan Hoaks dari Daerah” oleh Mafindo Depok

Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Chapter Depok kembali menyelenggarakan kegiatan kampanye publik bertajuk “Bersatu Melawan Hoaks dari Daerah” di Taman Merdeka, Mekar Jaya, Depok Jawa Barat, Minggu 8 September 2019.

Pada kegiatan kali ini, turut terlibat relawan MAFINDO persiapan dari beberapa komisariat, yaitu Komisariat Universitas Indonesia (UI), Komisariat Guna Darma dan Komisariat Universitas Pancasila (UP). Kawan-kawan relawan persiapan komisariat ini, menyampaikan seputar Komunitas MAFINDO, langkah – langkah memeriksa fakta dan resiko dari hoaks kepada masyarakat yang mengunjungi booth MAFINDO. Selain itu, relawan komisariat tersebut juga memandu permainan ular tangga yang bertajuk bijak bersosial media yang ditujukan untuk anak – anak.

Dari kegiatan ini, relawan komisariat bersama beberapa relawan MAFINDO Depok berhasil menarik perhatian masyarakat sekitar 70 orang. Sebagai bentuk dukungannya, para peserta melakukan pengisian daftar hadir, bergabung dengan mengikuti media sosial MAFINDO dan mendownload alat pencarian fakta dari MAFINDO yakni Hoax Buster Tools (HBT).

Kegiatan yang dimulai dari pukul 06.00 WIB ini selesai pada pukul 09.30 WIB. Selain menambah kepedulian masyarakat terhadap bahaya hoaks, acara ini juga membuat masyarakat ingin turut bergabung untuk menjadi relawan MAFINDO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *