[ACARA] MAFINDO Jombang: Edukasi Literasi di MAN 7 Keboan

Selasa, 13 Agustus 2019, MAFINDO Jombang berpartisipasi di acara Edukasi Literasi yang membahas tentang internet, media sosial, dan hoaks.

Diskusi terasa asyik karena ada Ria dengan banyak stok permainan yang lucu dan seru sehingga adik-adik tidak bosan mendengarkan dan berdiskusi tentang bagaimana bijak menggunakan gadget. Ada Hanifah yang berbagi tentang bagaimana menyikapi dunia maya dengan perspektif kebangsaan dan keagamaan. Ada juga Nuril Hidayah yang ikut larut dalam keseruan, tetapi tentunya tidak sampai lupa untuk berbagi tentang konsep hoaks, dampaknya, serta motif dan modus yang sering digunakan oleh produsen hoaks.

Pada momen ini MAFINDO Jombang juga memutarkan video trailer web series Keluarga Anti Hoax yang telah dirilis pada hari minggu tanggal 18 Agustus 2019 lalu di acara CFD di 5 kota di Indonesia (Bekasi, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta). Peserta tidak sabar menantikan pemutaran web series ini sampai ada yang bertanya kapan bisa ditonton di bioskop.

Kepada para peserta dalam Training Literasi Digital Stop Hoax Be A Hero, terkandung konsep sederhana bahwa siapapun dapat menjadi pahlawan bagi lingkungannya dengan cara melawan hoaks. Caranya? Pertama tahan jempol, kemudian cari klarifikasi, selanjutnya share klarifikasi itu pada keluarga, teman, atau lingkungan terdekat.

Terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru MAN 7 Jombang yang berkenan memberikan kesempatan untuk berbagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *