Sosialisasi Anti Hoax

Kegiatan yang mengambil tema Sosialisasi Anti Hoax yang diadakan oleh Tim KKN UPN Veteran Yogyakarta. Bertempat di Gedung Balai Desa, Desa Bojong, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, pada hari Selasa tanggal 6 Agustus 2019 pk 19.50 – 21.30 WIB.

Peserta dalam acara ini antara lain Sekretaris Desa Desa Bojong, Kepala Padukuhan Bojong, Ibu perwakilan dari SMK setempat, beberapa rekan-rekan Karang Taruna dan Tim KKN UPN Veteran Yogyakarta dengan jumlah peserta lebih kurang 35 orang (Laki dan Perempuan)

Pembicara yang hadir adalah dari relawan Mafindo Yogyakarta, Boni Soehakso Notohatmodjo dan Valentina Wiji. Materi yang disampaiakan adalah pengenalan tentang Mafindo, Tangkal Hoaks menjalankan ajaran Agama, Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa dan gerakannya, materi tentang hoaks (mis/ disinformasi), motivasi penyebaran hoaks, serta penerapan Hoax Buster Tools (HBT) dan Kalimasada, serta perangkat penangkal hoaks yang lainnya.

Kegiatan berjalan cukup lancar meski sempat ada kendala teknis (peserta hadir jam 19.50 dari jadwal seharusnya 19.30). Kegiatan berlangsung dengan baik, pertanyaan dari Ibu Ismi perwakilan SMK di daerah setempat yang tertarik dengan Presentasi Mafindo terutama Tangkal Hoax dalam rangka menjalankan Ajaran Agama. Harapan dari sosialisasi ini agar para hadirin semakin menyadari pentingnye persatuan dan kesatuan bangsa dan memperkuat budaya membaca lebih banyak agar masyarakat pun semakin bijak menggunakan telepon pintarnya dalam kegiatan sehari-hari. Literasi ini menjadi sangat penting untuk turut mengajak masyarakat meredam sebaran hoaks yang tentunya hoaks itu lebih banyak mengakibatkan kerugian dan bisa berakibat sangat fatal bagi kehidupan manusia.

foto bersama usai kegiatan
Boni S (Relawan Mafindo Yogyakarta) saat sedang menyampaikan materinya
sesi tanya jawab peserta kepada narasumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *