Seminar Milenial Anti Hoax

Seminar Milenial Anti Hoaks diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 3 Agustus 2019 dengan tema “Bijak Dalam Bermedia Sosial”. Lokasi di kampus STAINU Jl. Pahlawan (Ringroad Utara) No. 05 Purworejo. Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB, berlangsung dengan tertib, menarik dan lancar.

Peserta yang hadir pada acara ini adalah peserta Muskerwil BEM PTNU se Jawa Tengah dan DIY, yang terdiri dari 36 Perguruan Tinggi NU dengan jumlah peserta sekitar 50 orang.

Pemateri pada seminar ini adalah Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho yang didukung oleh para relawan Mafindo Purworejo. Paparan yang disampaikan diawali dengan mengenalkan Mafindo, sebaran pengguna media sosial, cara mengenali hoaks, contoh-contoh kasus hoaks, aplikasi cek fakta, dan cara bijak bermedia sosial.

Peserta dilibatkan secara aktif, antara lain dengan meminta pendapat peserta tentang contoh-contoh kasus hoaks yang disajikan, baik yang berupa gambar maupun video. Saat berlangsungnya seminar, beberapa peserta terlihat lelah dan mengantuk karena kegiatan sebelumnya baru selesai jam 4 pagi. Sehingga beberapa kali perlu jeda dengan ice breaking dan melempar game-game menarik, untuk mengangkat kembali semangat mereka. Acara diakhiri dengan tanya jawab yang cukup menarik. Setelah seminar ini, diharapkan para mahasiswa dari 36 Perguruan Tinggi NU tersebut mampu memiliki kesadaran tentang bahayanya sebaran hoaks, pentingnya bersikap bijak dalam bermedia sosial, memiliki rasa kesadaran dan kepedulian untuk ikut menjaga bangsa Indonesia tetap rukun dan damai. Disampimg itu, diharapkan peserta menjadi lebih mengenal keberadaan Mafindo yang saat ini ada di 17 kota, serta tertarik sebagai relawan Mafindo.

Septiaji Eko Nugroho (Ketua Presidium Mafindo) saat sedang menyampaikan materinya
para peserta yang hadir di kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *