Penguatan Kapasitas Internal Training Literasi Digital “Jombang Bersatu Melawan Hoaks”

Pada hari Minggu, 28 Juli 2019 di Denia Café Jl. Adam Malik No. 14 Jombang, MAFINDO Jombang mengadakan Training literasi digital dengan tema “Jombang Bersatu Melawan Hoaks”.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari 50% relawan lama, 20% relawan baru, 20% mitra media komunitas (Info Seputar Jombang) dan 10% simpatisan yang berminat menjadi relawan.

Kegiatan ini dibagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama digunakan untuk mengenalkan seluk-beluk MAFINDO sebagai organisasi dan kode etik relawan. Pada sesi kedua, disampaikan pengetahuan tentang konsep hoaks, dasar-dasar cek fakta, serta sosialisasi berbagai tools dan kanal cek fakta yang dimiliki MAFINDO. Pada sesi ketiga, peserta diajak bersama-sama melatih ketermpilan public speaking dengan cara bermain peran. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masingnya merepresentasikan satu jenis audiens: bapak-bapak, ibu-ibu, dan pelajar. Tiap kelompok diminta memilih 1 orang sebagai pembawa acara, 1 orang sebagai pemateri, dan sisanya menjadi audiens yang wajib memberikan tanggapan.

Kegiatan berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti. Peserta juga berpartisipasi secara aktif selama kegiatan berlangsung. Dengan adanya feedback yang positif dari peserta diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas relawan agar mengenal seluk-beluk MAFINDO dan memiliki bekal sebagai educator antihoaks bagi lingkungannya.

para peserta yang hadir di kegiatan
sesi diskusi
foto bersama usai kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *