Kopi Darat “Desaku Anti Hoaks”

MAFINDO Semarang Raya telah sukses melaksanakan kegiatan Kopi Darat (KOPDAR) pertama di Desa Giyono, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung pada tanggal 28 Juli 2019. Kegiatan ini dimulai pukul 19.00-21.00 WIB. Mengusung tema Desaku Anti Hoax dengan konsep acara sosialisasi.

Peserta terdiri dari kalangan bapak-bapak lingkungan Desa Giyono dan aparat desa serta mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Diponegoro Semarang. Jumlah peserta ada 25 orang. Pembicara yang hadir ada dari anggota Mafindo Semarang Raya, Anissa Antania Hanjani dan Ryan Fadli dari Duta Damai BNPT Regional Jawa Tengah. Materi yang disampaikan berkaitan tentang dasar pengetahuan berita bohong/hoax. Bagaimana masyarakat bisa mengidentifikasi berita/informasi bohong. Tips dan trik menghindari penyebaran berita bohong.

Salah satu tujuan kegiatan Desaku Anti Hoax ini adalah memberikan pengetahuan dasardasar berita bohong/palsu kepada masyarakat. Tujuan ini sudah tercapai dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi ini. Jalannya acara dikemas dengan santai, peserta terlihat antusias. Materi yang disampaiakan juga sudah dikemas cukup ringan agar masyarakat bisa menerima apa yang disampaikan oleh pemateri. Di sesi tanya jawab juga ada yang ikut menanyakan berkaitan penyebaran berita bohong diwaktu kampanye dan pemilu kemarin. Diskusi kecil terjadi juga setelah acara dengan peserta sosialisasi berkaitan penyebaran informasi berantai yang mencatut nama lurah dan camat di lingkungan sekitar.

Harapan dari masyarakat, kegiatan serupa bisa tetap dilaksanakan secara berkata untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat desa yang notabene mereka kurang update informasi terbaru di media. Faktor utamanya karena mereka sibuk bekerja di ladang atau pabrik.

Annisa Antania (Relawan Mafindo Semarang) saat sedang menyampaikan materinya
para peserta yang hadir dikegiatan
foto bersama usai kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *