Gerakan Literasi Sekolah Tingkat SMP Se-Kota Kendari di SMP Negeri 5 “Cerdas Dengan Literasi”

Pada hari Rabu, 24 Juli 2019, Mafindo kembali diundang untuk menyampaikan materi dalam kegiatan Gerakan Literasi Skolah (GLS) tingkat SMP Se-Kota Kendari. GLS merupakan gerakan nasional yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI guna membangun budaya literasi pada seluruh ranah pendidikan. Bertempat di SMP Negeri 5 Kota Kendari, kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Kendari bekerjasama dengan Harian Umum Berita Kota. Tidak kurang dari 100 orang siswa dan siswa mengikuti kegiatan ini. Mereka berasal dari perwakilan anak-anak dari kelas 7 dan 8.

Diwakili oleh Ikrima Nurfikria, Mafindo menyampaikan materi seputar pemahaman dan pentingnya literasi. Melalui materi ini diharapkan para siswa menyadari pentingnya literasi, ditengah gempuran gaya hidup anak-anak Indonesia yang sangat sulit dipisahkan dengan gadget-nya. Pasalnya tingkat minat baca anak Indonesia yang sangat rendah, menjadi fakta yang amat menyedihkan. Dibahas pula manfaat literasi sebagai kemampuan untuk menangkal fitnah dan hoax. Seseorang yang memiliki tingkat literasi yang baik, akan berbanding lurus dengan kemampuannya menangkal fitnah dan hoax yang baik pula.

Berlangsung selama kurang lebih tiga jam, kegiatan GLS ini berlangsung lancar. Selama sesi pemberian materi, para peserta terlihat khusyuk mendengarkan penjelasan narasumber. Ketika sesi tanya jawab berlangsung, sejumlah pertanyaan pun langsung bermunculan, menjadi tanda antusiasme peserta terhadap materi yang diberikan. Dengan pemahaman yang baik terkait literasi, diharapkan kemampuan dan kemauan para siswa untuk lebih mencintai kegiatan membaca dan menulis menjadi semakin meningkat agar tercipta generasi muda Indonesia yang lebih berkualitas.

para siswa yang hadir dalam kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *