Talkshow Antihoaks “Imun dari hoaks Sejak di Bangku Sekolah”

Pada hari Selasa, 23 Juli 2019 MAFINDO Jombang bekerjasama dengan Radio Suara Jombang dan Info Seputar Jombang mengadakan Talkshow Antihoaks secara on air di Studio Radio Suara Jombang dengan tema “Gadget yang Mendekatkan dan Memajukan”.

Sasaran program ini adalah masyarakat umum di Kabupaten Jombang yang ada dalam jangkauan gelombang radio Radio Suara jombang. Akan tetapi cakupan audien dapat lebih luas karena program ini juga disiarkan lewat streaming di www.kominfo.jombangkab.go.id. Karena belum ada data dari kominfo  Kabupaten Jombang tentang jumlah pendengarnya maka jumlah peserta kegiatan ini juga belum dapat diidentifiksi.

Relawan MAFINDO Jombang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu Hanifah Atmi Nurmala dan Nuril Hidayah. Narasumber membahas sisi-sisi positif penggunaan gadget yang dapat dimaksimalkan. Gadget dapat dimanfaatkan untuk saling mendekatkan pada situasi-situasi di mana orang mengalami hambatan komunikasi, baik itu hambatan internal atau eksternal. Gadget mampu mendekatkan antar individu, mampu menjadi sarana gerakan sosial, mampu menjadi penyalur aspirasi yang lebih cepat bagi rakyat ke penguasa. Gadget juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kapasitas diri dengan begitu banyaknya informasi dan pengetahuan yang dapat diakses siapa saja dengan mudah. Namun terdapat hal-hal yang dapat menghambat upaya memaksimalkan manfaat gadget sebagai sarana untuk mendekatkan dan memajukan.

Dari aspek internal hambatan dapat berasal dari proses-proses mental yang memungkinkan hoaks dan propaganda untuk menanamkan pengaruhnya, atau dapat juga berasal dari kurangnya keterampilan memenej diri sehingga mudah kecanduan terhadap gadget. Hambatan eksternal dapat berasal dari internet seperti banyaknya informasi sampah; algoritma yang turut berperan menciptakan polarisasi dan sebagainya. Menyikapi hambatan-hambatan ini, narasumber menyarankan untuk menyiasati algoritma untuk menjaga agar kita tetap akrab dengan keberagaman dan membiasakan diri mengonsumsi informasi dan pengetahuan dari sumber-sumber yang kredibel, dan memperbanyak real social encounter di mana memungkinkan.

Selain itu, narasumber juga memaparkan 5 hoaks yang paling dicari klarifikasinya oleh netizen dalam minggu ini yang ternyata kembali didominasi oleh hoaks politik. Kegiatan berjalan dengan lancar dan materi tersampaikan dengan baik. Selain itu, pihak Radio Suara Jombang menyediakan dokumentasi yang sewaktu-waktu dapat diputar ulang sesuai kebutuhan. Dengan lancarnya kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang hoaks, apa saja yang sedang banyak tersebar, serta bagaimana fakta yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *