Perwakilan Komite Pemeriksa Fakta MAFINDO Menjadi Pembicara Dalam Training Literasi Media Internal Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Tanggal 19 Juli 2019, Muhammad Khairil Haesy, Anggota Komite Fact Checking MAFINDO, mengisi Literasi Media untuk kalangan internal Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pada pelatihan yang diadakan di Margonda Hotel, Depok, Jawa Barat, Khairil memberikan pelatihan mengenai berbagai pengetahuan mengenai hoaks.

Materi yang dibawakan diawali dengan apa dan bagaimana hoaks bisa terbentuk dan berkembang dalam masyarakat, mulai dari media mainstream, media online, media sosial, bahkan melalui aplikasi pesan. Dalam materi yang dibawakan, Khairil menjelaskan bahwa terdapat kategori hoaks berdasarkan acuan dari 7 Kategori Disinformasi dan Misinformasi dari Firstdraft.

Selain itu, Khairil juga memberikan pelatihan praktek melakukan fact checking kepada para peserta yang merupakan pegawai dari Subdirektorat Pengendalian Informasi, Direktorat Pengendalian Informasi, Investigasi, dan Forensik Digital, BSSN. Beberapa tools yang diajarkan oleh Khairil meliputi penggunaan Google Reverse Image, Google Search, Google Street View, hingga penggunaan laman who.is.

Pelaksanaan pelatihan tersebut berjalan dinamis dan memiliki komunikasi dua arah dengan peserta yang cukup aktif menanggapi penjelasan dan memberikan pertanyaan kepada Khairil sebagai pemateri. Diskusi pun menngangkat beberapa pembahasan mengenai strategi perlawanan hoaks yang selama ini dilakukan oleh MAFINDO.

Sri Sutanto, Kepala Subdirektorat Pengendalian Informasi, Direktorat Pengendalian Informasi, Investigasi, dan Forensik Digital, BSSN, menyampaikan apresiasinya kepada MAFINDO yang mau ikut bertukar ilmu dengan pihaknya. Pelatihan itu diikuti oleh 10 orang pegawai Subdirektorat Pengendalian Informasi, Direktorat Pengendalian Informasi, Investigasi, dan Forensik Digital, BSSN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *