Talkshow Antihoaks “Indonesia Pasca Pemilu”

Pada hari Selasa, 9 Juli 2019 MAFINDO Jombang bekerjasama dengan Radio Suara Jombang dan Info Seputar Jombang mengadakan Talkshow Antihoaks secara on air di Studio Radio Suara Jombang dengan tema “Indonesia Pasca Pemilu”. Sasaran program ini adalah masyarakat umum di Kabupaten Jombang yang ada dalam jangkauan gelombang radio Radio Suara jombang.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adaah relawan-relawan Mafindo Jombang yaitu M. Nuhin, Nuril Hidayah, dan Ani Nurma. Para narasumber memberikan overview tentang hoaks pasca Pemilu dan 5 hoaks yang paling banyak dicari klarifikasinya dalam seminggu. Hoaks setelah keputusan MK menjadi lebih variatif. Hoaks politik masih tinggi tetapi persentasenya tidak sebanyak bulan-bulan sebelumnya. Tema SARA, makanan, kesehatan, kriminalitas, fenomna unik, bencana dan lalu lintas muncul mengiringi hoaks politik. Selain itu narasumber juga mensosialisasikan beberapa program MAFINDO Jombang yang akan datang, seperti edukasi rutin yang menyasar berbagai lapisan msyarakat. Terakhir, menyikapi situasi pasca Pemilu, narasumber mengajak masyarakat untuk mengedepankan nalar kritis saat menerima informasi serta mengutamakan persatuan dalam menyikapi keragaman dan perbedaan antar sesama anak bangsa.

Kegiatan berjalan dengan lancar. Tetapi ada kendala teknis saat sesi interaktif dengan pendengar karena saluran telepon tidak lancar. Meskipun demikian, materi tersampaikan dengan baik dan pihak Radio Suara Jombang menyediakan dokumentasi yang sewaktu-waktu dapat diputar ulang sesuai kebutuhan. Dengan lancarnya kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang hoaks, apa saja yang sedang banyak tersebar, serta bagaimana fakta yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *