Bersatu Melawan Hoaks dari Daerah

081230313155 adalah nomor pengaduan Whatsaap ke Hoax Crisis Centre Jawa Barat (HCC Jabar) yang disebutkan berulang kali oleh beberapa relawan MAFINDO ke peserta kegiatan Edukasi Publik Anti Hoaks di area Car Free Day, Bandung, depan Café Lo.Ka.si, Minggu (7/7). Tidak hanya menyebutkan nomor Whatsaap tersebut, beberapa relawan juga menginformasikan media sosial HCC Jabar yakni Facebook HCC Jawa Barat dan juga Instagram HCC Jawa Barat.

Kegiatan Edukasi Publik Anti Hoaks yang diselenggarakan kedua kali di Kota Bandung ini, dengan tajuk “Bersatu Melawan Hoaks dari Daerah” bertujuan untuk menanggulangi seputar sebab akibat dari hoaks, khususnya di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia tahun 2018, Provinsi Jawa Barat adalah salah satu Provinsi yang tinggi menerima hoaks selain Banten dan Aceh.

Presidium MAFINDO, Anita Wahid pada sesi diskusi dari kegiatan tersebut menjelaskan, hoaks yang sudah ada dari dulu, banyak menimbulkan efek negatif, seperti ketakutan, perpecahan dan Ketidakpercayaan. Efek ini menurutnya mesti diatasi melalui kolaborasi dari semua pihak. Dari daerah misalnya, seperti yang dilakukan HCC Jawa Barat ini.

Anita pun meminta kepada peserta yang hadir pada kegiatan CFD Kota Bandung, khsusnya yang ikut berdiskusi agar mengisi media sosial yang dimilikinya dengan konten – konten positif, kreatif dan menyatukan. Harapannya efek negatif dari hoaks dapat tertangani dengan massif dan pencegahannya bisa menyentuh banyak pihak.

Di sisi yang sama Manager Program dari HCC Jawa Barat, Dedy Helsyanto menjelaskan, hoaks yang beredar di Provinsi Jawa Barat ada terkait identitas, politik, kesehatan, lalu lintas, dll. Tetapi yang cukup tinggi sebarannya adalah berhubungan dengan identitas dan politik.

Adanya HCC Jawa Barat ini ke depan misalnya, menjelang Pilkada serentak 2020 dimana sekitar delapan kabupaten/kota di Jawa Barat akan melakukan Pilkada serentak, dapat membantu pencegahan dan penanganan dampak hoaks nantinya.

Direktur Operasional MAFINDO, Dewi S Sari menambahkan, nantinya warga Jawa Barat akan diberikan pelatihan literasi digital dan cara mengidentifikasi hoaks oleh MAFINDO dan HCC Jawa Barat. Langkah ini diharapkan dapat memperbanyak individu atau kelompok anti hoaks yang dapat bersama – sama mencegah dan mengatasi sebaran hoaks.

Dewi juga mengucapkan terima kasih kepada puluhan peserta CFD Bandung yang telah berkunjung ke booth MAFINDO dan HCC Jawa Barat serta kawan – kawan jurnalis yang telah datang. Ia pun memberikan selamat kepada para peserta yang telah mendapatkan hadiah cuma – cuma dari games ular tangga “Bijak Bermedia Sosial” serta tanya jawab pada saat diskusi bersama Anita.

para pengunjung saat bermain ular tangga anti hoaks
anita wahid saat sedang menyampaikan materinya
beberapa peserta yang berkunjung dan mendapat penjelasan tentang hoaks
foto bersama usai kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *