Mengenal dan Menyikapi Hoax di Sekitar Kita

Kegiatan yang mengambil tema “Mengenal dan Menyikapi Hoaks di sekitar kita” ini diselenggarakan atas kerja sama antara tim pelayanan Komunikasi Sosial (Komsos) Paroki St. Ignasius Magelang dan Komunitas Pager Piring sebagai sebuah upaya edukasi bagi umat agar lebih bijak dalam menggunakan gawai (telpon pintar). Bertempat di Gedung Pelayanan Pastoral Paroki St. Ignasius Magelang, pada hari Jumat tanggal 5 Juli 2019 pk 18.00 – 20.30 WIB.

Hadirin dalam pertemuan yaitu anggota dewan Harian, aktivis Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan, aktivis Kerasulan Kemasyarakatan, serta umat utusan wilayah dan lingkungan dari Paroki St. Ignasius Magelang. Lebih kurang ada 45 orang yang hadir, dari berbagai rentang usia muda, dewasa dan tua, dari berbagai latar belakang profesi (mahasiswa, guru, profesional, pensiunan) baik perempuan maupun laki-laki.

Pembicara yang hadir adalah dari relawan Mafindo Magelang Raya, Irfi Ummah (koordinator MAFINDO Magelang) dan Ayik Teteki. Materi yang disampaiakan adalah pengenalan tentang Mafindo dan gerakannya, materi tentang hoaks (mis/ disinformasi), motivasi penyebaran hoaks, serta penerapan Hoax Buster Tools (HBT) dan Kalimasada, serta perangkat penangkal hoaks yang lainnya.

Kegiatan berjalan cukup lancar meski sempat ada kendala teknis (soal jaringan internet yang tidak lancar koneksinya sehingga kesulitan dalam menayangkan materi). Melalui kegiatan ini harapannya bahwa para hadirin akan dapat lebih bijak dalam menggunakan gawainya, lebih memiliki sikap kritis sehingga tidak mudah turut menyebarkan berita apa pun yang masuk dalam media social mereka, terutama media sosial WA, FB dan instagram. Literasi ini menjadi sangat penting untuk turut mengajak masyarakat meredam sebaran hoaks yang tentunya hoaks itu lebih banyak mengakibatkan kerugian dan bisa berakibat sangat fatal bagi kehidupan manusia.

Ayik (relawan MAFINDO Magelang) saat sedang menyampaikan materi
penyerahan cenderamata kepada pembicara
Irfi Ummah (Koordinator MAFINDO Magelang) saat sedang menyampaikan materinya
para peserta yang hadir dikegiatan tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *