Edukasi Anti Hoaks di Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulonprogo, D.I.Yogyakarta

Kegiatan edukasi anti hoaks yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Atmajaya Yogyakarta pada hari selasa, 02 Juli 2019 di desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan karena warga Pagerharjo terutama ibu-ibu dan bapak-bapak rentan terserang haoks.

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari ibu-ibu, bapak-bapak dan seluruh mahasiswa KKN yang berada di desa Pagerharjo. Total peserta dalam kegiatan ini berjumlah sekitar 20 orang.

Pembicara yang hadir dalam kegiatan ini adalah relawan MAFINDO Yogyakarta yaitu Boni S dengan materi yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam dari pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WIB. Materi yang disampaikan adalah berupa pengenalan tentang MAFINDO, jenis-jenis hoaks dan yang terakhir adalah cara mencegah atau mengidentifikasi bahwa berita itu hoaks atau bukan.

Jalannya forum sangat menarik, beberapa audiens terutama dari kalangan bapak-bapak sangat aktif menyuarakan pendapatnya ataupun bertanya kepada pembicara. Dari kegiatan ini diharapkan agar masyarakat desa Pagerharjo tidak lagi menjadi bagian dari penyebar berita hoaks tersebut ataupun ikut termakan berita hoaks. Melalui kegiatan ini audiens dan pembicara sepakat bahwa apapun berita yang mereka terima ini cukup sampai dimereka dan jangan sampai menyebar ke orang lain.

Boni S (Relawan MAFINDO Yogyakarta) saat sedang menyampaikan materinya
para audiens yang hadir di kegiatan tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *