Literasi Digital “Media Sosial Yang Menyatukan dan Memajukan”

MAFINDO Menyelenggarakan Pelatihan Literasi Digital Bertajuk “Media Sosial yang Menyatukan dan Memajukan”

Pasca lebaran, Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) kembali menyelenggarakan pelatihan literasi digital yang bertajuk “Media Sosial yang Menyatukan dan Memajukan”. Kegiatan ini diselenggarakan di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 21 Juni 2019.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan tersebut yakni Direktur Eksekutif Indonesia New Media Watch, Agus Sudibyo dan Ketua Komite Fact Checker MAFINDO, Aribowo Sasmito.

Agus yang menyampaikan materi “Informasi, Literasi dan Kreasi di Media Sosial” mengapresiasi acara yang diadakan MAFINDO ini. Ia menilai ajakan MAFINDO seperti think before clik adalah hal yang tepat dan dibutuhkan diera banjirnya informasi dengan berbagai platform media sosial.

Sementara Ari yang membawakan materi “Mengidentifikasi Hoaks” mengingatkan kepada peserta agar tidak mudah terpapar atau terjebak hoaks. Ia pun menegaskan dalam teknik membongkar hoaks, bisa dilakukan dengan berbagai cara dan alat yang ada.

Direktur Operasional MAFINDO, Dewi S Sari dalam sambutannya dihadapan peserta berharap kegiatan ini dapat membantu untuk menekan hoaks. Tidak hanya itu, juga dapat meningkatkan kecintaan masyarakat, khususnya peserta terhadap negara bangsa Indonesia ini.

Program Manajer untuk acara tersebut, Dedy Helsyanto dalam sambutannya juga menambahkan agar para peserta dapat menindaklanjuti hasil dari kegiatan ini kepada lingkungannya, mulai dari keluarga, sekolah atau kampus dan tempat bekerja.

Peserta yang hadir dalam acara ini berjumlah sekitar 60 orang yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari beberapa kampus, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Pembangunan Veteran (UPN) Jakarta, IISIP, Gunadarma, Paramadina dan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta serta beberapa Relawan MAFINDO dari Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor dan Jombang.

Tidak hanya diskusi, kegiatan ini juga diisi dengan beberapa permainan, diantaranya Kahoot. Dan diakhir acara, peserta pun mendapatkan sertifikat telah mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

Peserta yang hadir di kegiatan Literasi Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *