Edukasi Publik Anti Hoaks oleh MAFINDO dan BPOM

Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) kembali menyelenggarakan edukasi publik anti hoaks. Kali ini berkolaborasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat di Area Car Free Day, depan Menara Taspen, Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (16/6).

Edukasi publik anti hoaks tersebut membahas tema seputar hoaks pangan dan pemanfaatan media sosial untuk menyatukan dan memajukan masyarakat. Adapun narasumber untuk materi itu ialah Kasubdit Inspeksi Pangan Olahan Tertentu, Alex Sander Sfarm apt MH dan Presidium MAFINDO, Anita Wahid.

Dalam pemaparannya, Alex menjelaskan beberapa hoaks pangan seperti beras plastik dan adanya kabar beberapa kode makanan atau minuman yang mengandung zat-zat berbahaya. Sementara Anita menyampaikan materi perihal bagaimana mengisi konten media sosial dengan narasi yang positif, kritis dan kreatif.

Bahasan yang disampaikan kedua pemateri tersebut disambut antusias oleh peserta CFD yang mengunjungi booth MAFINDO, ada sekitar 60 peserta yang hadir ke booth MAFINDO. Mereka memberikan apresiasi dengan mengajukan pertanyaan seputar materi yang disampaikan.

Selain itu beberapa diantara masyarakat yang berpartisipasi dalam diskusi, mereka juga mengikuti permainan ular tangga bertema bijak bersosial media dengan mengajak anak-anaknya. Bahkan mereka juga berkeinginan untuk bergabung menjadi relawan MAFINDO untuk mengikuti kegiatan-kegiatan MAFINDO lainnya.

Relawan MAFINDO saat sedang menjelaskan terkait aplikasi HBT milik MAFINDO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *