Bincang Pagi RRI Pro 1 FM 101 Mhz “Melawan Hoaks dengan Kekuatan Silaturahmi”

Bincang Pagi RRI Pro 1 FM 101 Mhz dengan topik Melawan Hoaks dengan Kekuatan Silaturahmi. Acara ini berlangsung pada tanggal 14 Juni 2018 dari pukul 08:00 sampai dengan 09:00 WIB. Bincang pagi ini disiarkan live dari studio 1 RRI Surakarta, Jalan Abdul Rahman Saleh No 17 Banjarsari Surakarta, Jawa Tengah.

Target audiens dari acara Bincang Pagi adalah warga kota Surakarta secara khusus. Dan secara umum pendengar radio di daerah eks-Kerasidenan Surakarta yang meliputi; Boyolali, Karanganyar, Klaten, Sragen, dan Wonogiri.

Pembicara yang dihadirkan antara lain:

Drs. Soleh Amini Yahman, M.Si (Psikolog dan Dosen)
Dedi Ary Prasetya, ST., M.Eng (Anggota Mafindo Soloraya dan Dosen)

Kedua pembicara banyak membahas tentang kekuatan silaturahmi dengan temu wajah sebagai penangkal dan pereduksi hoaks. Silaturahmi dalam lingkup keluarga, teman, dan rekan kerja menjadi penting di era digital saat ini. Apalagi banyak hoaks yang menyebar melalui gawai yang dimiliki.

Hoaks politik, kesehatan, dan kebencanaan menjadi keprihatinan bersama. Karena dampak yang ditimbulkan menimbulkan perpecahan. Padahal agama (Islam) sendiri mengajarkan kita untuk menjaga persatuan. Jalan salah satunya adalah dengan bersilaturahmi atau berkunjung. Dan akan merugi bagi orang yang memutus tali silaturahmi.

Dalam persebaran hoaks, banyak orangtua kita yang terjebak didalam lingkarannya. Orangtua yang begitu rentang dalam memakai gawai menjadi sasaran empuk penyebaran hoaks. Banyak contoh yang melibatkan orangtua sebagai pelaku penyebarnya. Lebih lagi, banyak juga orangtua yang ngeyel atas informasi hoaks yang diyakininya.

Dengan kekuatan silaturahmi, diharapkan kebersamaan dan saling pengertian kita terus terjaga. Maka memperkuat dan memperbanyak silaturahmi, menjadi penting saat ini. Forum bincang dipandu oleh penyiar dari RRI Pro 1. Dimulai dari narasumber pertama, bapak Soleh Amini yang mengetengahkan perspektif silaturahmi dari dasar agama dan psikologis. Dampak-dampak hoaks secara psikis juga dibahas. Narasumber Mafindo Soloraya, Dedi Ary Prasetya menyoroti masifnya sebaran hoaks via sosial media. Hampir setiap hari ada saja oknu yang menyebar hoaks di grup WhatsApp keluarga atau di linimasa sosial media.

Kemudian sesi berlanjut dengan telepon pertanyaan dari pendengar RRI Pro 1 FM Surakarta. Dimana pendengar setia Bincang Pagi RRI Pro 1 FM dapat bertanya langsung pada narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *