MAFINDO kedatangan Council Of Asian Liberals and Democrats (CALD) atau Dewan Liberal dan Demokrat Asia

Malam ini, Hari Senin 15 April 2019 kami, MAFINDO kedatangan CALD Election Mission to Indonesia. CALD adalah Council of Asian Liberals and Democrats atau Dewan Liberal dan Demokrat Asia adalah sebuah organisasi regional dari partai-partai politik liberal dan demokratis di Asia. Ada delapan partai anggotanya:
• Partai Demokrat Thailand
• Partai Demokrat Progresif Taiwan
• Partai Liberal Filipina
• Partai Liberal Sri Lanka
• Dewan Nasional Uni Burma
• Partai Gerakan Rakyat Malaysia
• Partai Sam Rainsy Kamboja
• Partai Demokratis Singapura
• PDIP dan PKB dari Indonesia
Misi mereka kali ini adalah Cald Election Mission to Indonesia. Dipimpin oleh Executive Director CALD Cerlito Arlegue dan Program Manager nya Paolo Zamora. Mereka datang minus PDIP dan PKB, 11 orang dari mereka, dimana 5 di antaranya adalah anggota parlemen masing – masing negara, bahkan 2 di antara nya masuk dalam pucuk jajaran Partai. Mereka ingin menyapa dan mengetahui mengenai kiprah MAFINDO. Bagaimana kontribusi MAFINDO dalam penanggulangan hoaks di Indonesia sebagai suatu komunitas dan bagaimana MAFINDO menangani hoaks di tengah ramainya isu politik menjelang PEMILU.

Kami menyampaikan bahwa MAFINDO adalah organisasi independent non-profit berbasis relawan, dan dibantu oleh team kantor dimana terdapat pemeriksa fakta yang bekerja secara full maupun remote atau dari luar kantor. Mereka sangat tertarik dengan adanya relawan yang dapat berkolaborasi dengan team pemeriksa fakta. Untuk itu kami juga mengajak team relawan terdekat yang bisa hadir untuk diperkenalkan kepada team Cald Election Mission to Indonesia.

Mereka sempat menanyakan siapakah kubu penyebar hoaks terbanyak, namun kami selaku team pemeriksa fakta dan sebagai MAFINDO menyatakan bahwa soal hoaks ini bukan melihat kepada siapa lebih banyak dari siapa, tetapi efek yang ditimbulkan akibat hoaks tersebut mempunyai akibat yang daya rusaknya berbeda dan itu yang seharusnya menjadi perhatian untuk dibasmi. Juga menekankan edukasi yang berkelanjutan dan terprogram, pembangunan kapasitas relawan dan team, dukungan masyarakat, dan penegakan hukum adalah beberapa faktor yang turut menentukan keberhasilan dibasminya hoaks dan kawan2 nya.

Mereka kagum karena kita dapat bekerjasama dengan kementerian sekaligus dengan mitra lain dengan tetap berpegang pada etik yang ada di organisasi. Paolo selaku Program Manager menyatakan belajar begitu banyak dari MAFINDO dan tidak lupa senang dengan audiensi anti hoaks ke partai-partai oposisi dan pro yang dilakukan MAFINDO

Salam dari mereka untuk penasehat, pendiri, presidium, dan seluruh relawan hebat MAFINDO. Semoga dapat belajar dari kita suatu saat di negara mereka masing – masing kelak.

Salam🙏🙏

Dewi S. (Direktur Operasional MAFINDO) saat menyampaikan profile tentang MAFINDO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *