Sarasehan MAFINDO Bandung “Tanpa Hoaks, Kita Rukun Berdemokrasi”

Setelah melaksanakan deklarasi dan edukasi anti hoaks, beberapa waktu lalu, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Chapter Bandung Raya kali ini menyelenggarakan Sarasehan yang bertajuk “Tanpa Hoaks, Kita Rukun Berdemokrasi”. Sarasehan tersebut dilakukan pada Selasa (9/4) di Hotel, Marriott, Bandung, Jawa Barat. Latar belakang diselenggarakan Sarasehan ini mengingat makin banyaknya hoaks dan ujaran kebencian yang beredar menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April nanti

Pada Sarasehan ini, dengan moderator Rita Gani, Mafindo Bandung Raya menghadirkan empat orang narasumber, dari Mafindo yang menyampaikan materi “Hoaks dan Keutuhan Bangsa”.
Kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung, Dr Ahyani Raksanagara dengan materi “Kebijakan Negara dalam Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian”.

Ada juga Ketua Umum Jabar Saber Hoaks (JSH), Enda Nasution yang menyampaikan materi “Peran Gerakan Anti Hoaks di Daerah”, dan Perwakilan Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang, Kiagus Zainal dengan materi “Hoaks, Hate Speech dan Pengaruhnya Dalam Persatuan dan Kesatuan”.

Peserta sarasehan ini berasal dari berbagai organisasi dan lapisan masyarakat. Mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, unsur pemerintahan, perwakilan media, dan lain sebagainya.

Acara ini dilakukan, dengan harapan bahwa masyarakat akan semakin mempunyai semangat untuk sadar melakukan literasi digital, meningkatkannya, kemudian juga semakin waspada untuk menyaring segala berita. Dan menjelang pemilu ini diharapkan agar semua pihak dapat turut mensukseskan pemilu, dengan cara lain kawal pemilu, mengetahui caleg-caleg yang akan dipilih, juga menggunakan hak pilihnya dengan baik. Dengan menghadirkan berbagai pihak ataupun pemangku kepentingan, kegiatan tersebut dapat turut mencari jalan keluar, untuk bersama-sama menjadi agen perubahan untuk Indonesia menjadi lebih baik. Mafindo dengan senang hati dapat berkontribusi antara lain dengan Hoax Buster Tools, Kalimasada, forum Anti Fitnah dan Hoaks, Turnbackturn.id, selain tentu tetap melakukan edukasi ke masyarakat. Acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen Bersama.
Terimakasih kepada Pendiri, Penasehat, Presidium, Team Kantor, para pemeriksa fakta, relawan, serta semua pihak, dan mitra Mafindo. Semoga bermanfaat bagi kita, bangsa dan negara

Dewi S. (Direktur Operasional MAFINDO) yang menjadi pembicara di acara tersebut
peserta yang hadir di acara sarasehan MAFINDO Bandung
foto bersama usai kegiatan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *