Public Campaign MAFINDO Pontianak di Sintang, Kal-Bar

kegiatan Kampanye Publik Anti Hoax di Sintang pada hari sabtu, 30 Maret 2019 di Sintang, Kalimantan Barat. Tim HCC yang merupakan perwakilan Mafindo di daerah memberikan pelatihan kepada jurnalis, komunitas, organisasi masyarakat, hingga stakeholder. Kegiatan ini berlangsung selama setengah hari di Aula Diskominfo Sintang. Selain dari Tim HCC, materi juga diberikan oleh Polres Sintang.

Untuk pelatihan, Kabag Humas Pemkab Sintang memberikan sambutan dan apresisasi atas kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya perlu peran semua pihak untuk ikut menyuarakan bahaya hoax dan bagaimana harus menangkalnya.

Usai memberikan pelatihan, kegiatan dilanjutkan dengan Kampanye Publik Anti Hoaks di Kabupaten Sintang Kalbar diikuti oleh berbagai komunitas di Sintang serta anggota Hoax Crisis Center (HCC). HCC Kalbar merupakan bagian dari Mafindo.

Kegiatan diawali oleh sambutan dari Perwakilan Hoax Crisis Center (HCC), Ocsya Ade. Dalam sambutan tersebut, HCC menekankan bahaya penyebaran hoaks di Medsos serta mensosialisasikan keberadaan dan kegunaan dari aplikasi Hoax Buster Tool (HBT) untuk verifikasi informasi. Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah memverifikasi suatu informasi sehingga tidak terjebak dan menjadi korban hoaks.

Tak hanya itu, HCC dan Mafindo mengharapkan banyak anak muda di Sintang bergabung dan turut menjadi relawan dalam mengkampanyekan lawan hoax

Guna menambah keseruan dari jalannya kegiatan. Tim juga telah menyiapkan permaian ular tangga anti hoaks yang bisa dimainkan para peserta yang hadir. Kebanyakan anak-anak yang bermain di taman memanfaatkan media tersebut untuk bermain sambil belajar.

Suasana sore di halaman pendopo Bupati Sintang memang semarak karena akhir pecan sehingga begitu banyak masyarakat berkumpul dan menjadikan tempat ini sebagai pusat berinteraksi, bermain bersama. Bagi tim HCC, tempat ini cukup tempat dilaksanakan Kampanye Publik Anti Hoax karena Sintang juga belum memiliki CFD sebagai tempat pusat keramaian.

Tim Mafindo dan Hoax Crisis Center Kalbar mengajak masyarakat yang hadir dalam kampanye Publik Anti Hoax untuk bermain permainan ular tangga yang memuat edukasi soal manfaat baik dan burukya medsos.
BERMAIN ULAR TANGGA – Masyarakat antusias bermain ular tangga saat kampanye publik anti hoax.
PELATIHAN –  Suasana pelatihan Deteksi Hoax yang diberikan Tim HCC sebagai bagian dari rangkaian Kampanye Publik Anti Hoax di Sintang
FOTO BERSAMA – Seluruh peserta Kampanye Publik berfoto bersama usai Kampanye Publik Anti Hoax di halaman Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (30/3/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *