SOSIALISASI MILENIAL ANTIHOAKS “CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDSOS”


Kamis, 28 Maret 2019 pukul 10.00 -13.00 WIB MAFINDO Purworejo.

Sosialisasi diselenggarakan oleh Polres Purworejo bekerja sama dengan Mafindo Purworejo, dalam rangka menyasar generasi milenial, khususnya para mahasiswa di Purworejo, yang saat ini paling aktif bermedia sosial.

Acara diselenggarakan di Aula Akbid
Di Aula Akbid Lt. 3
Jl. Soekarno-Hatta, Rw. III, Boro Kulon, Banyu Urip,

Diawali dengan sambutan dari Direktur Akbid Purworejo, Kapolres Purworejo (diwakili oleh Kasat Intelkam, Iptu Ngatimin SH).

Pesan Kapolres antara lain yaitu, Pentingnya kemampuan menyaring berita-berita yang beredar, konten berita yang sifatnya provokatif dan hoaks yang harus bisa diminimalisir.

Khususnya dalam situasi menjelang Pemilu ini. Koordinator Mafindo Purworejo (Dina Soetomo) dalam kesempatan tersebut memperkenalkan Mafindo Purworejo secara ringkas, dan menghimbau para mahasiswa tertarik dan bergabung dengan Mafindo, baik sebagai duta antihoaks maupun sebagai relawan.

Tim Mafpro yang hadir Sutopo, Dina Soetomo, Yani, Suratto, dan Thary.
Peserta terdiri dari perwakilan 7 (tujuh) Universitas dan Organisasi Mahasiswa se Purworejo, yaitu BEM Akbid, BEM STIE Rajawali, POLSA Kutoarjo, STAINU, Akper, Dema STAI AN-NAWAWI, dan IMM UMP.
Jumlah peserta 60 orang.

Materi yang disampaikan oleh narasumber (Boni Soehakso Notoharmodjo, S.Sos, M.Si,) berjudul “Membangun Milenial Cerdas Tangkal Hoaks”.

Mangingat materi yang disampaikan cukup berat dan panjang, acara diselingi dengan video, ice breaking yang dipandu oleh mbak Yani, serta game kahoot berhadiah, sehingga peserta tetap semangat dan tidak bosan.

Selesai mendengarkan paparan dari narasumber, para mahasiswa perwakilan dari 7 perguruan tinggi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Purworejo tersebut, menyampaikan sikapnya dalam bentuk deklarasi, yaitu “menolak dan memerangi segala bentuk hoaks, khususnya yang memicu perpecahan pada masa pemilihan umum (Pemilu) 2019”.

Acara diakhiri dengn penyerahan hadiah menarik bagi 2 orang pemenang game Kahoot dan foto bersama, dilanjut dengan menggemakan yel-yel:
“Mahasiswa Kuat”
“Purworejo Mulyo”
“Purworejo Antihoaks”

Penutup:
Kegiatan berjalan lancar dan sujses.
Ketua Dema STAI An-Nawawi menyampaikan keinginan “Aliansi Mahasiswa Purworejo” untuk mendapatkan “sosialisasi antihoaks” lanjutan dan berkesinambungan
Mafindo Purworejo menyambut baik gagasan tersebut, dan Polres Purworejo bersedia memfasilitasinya.

Purworejo, 29 Maret 2019

Boni. S (relawan MAFINDO Purworejo) saat sedang menyampaikan materinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *