Dialog Interaktif Dharma Wanita Kabupaten Purworejo “MANFAAT HP, PELUANG DAN ANCAMAN BAGI KITA”

Dialog diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Purworejo dengan mengundang Narasumber dari Dinas Kominfo, Mafindo Purworejo dan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSDAGA), dalam rangka meminimalkan tindak kekerasan, kejahatan, pernikahan dini melalaui IT khususnya HP.

Acara diselenggarakan di Aula Kantor PKK Kabupaten Purworejo. Kepala Dinas Kominfo memberi kepercayaan kepada Mafindo untuk mewakili beliau sebagai narasumber.

Diawali dengan sambutan oleh Ketua Panitia Ibu Titik Mintarsih dan Ketua Dharma Wanita yang diwakili oleh Ibu Erna Said (Istri Sekretris Daerah Kabupaten Purworejo).

Dilanjutkan paparan oleh 2 narasumber:
1. Mafpro diwakili mbak Yani, karena selain menguasai masalah hoaks dan cara memeriksa fakta, juga sudah memiliki bekal ilmu tentang pendidikan dalam keluarga.
2. Pusdaga diwakili bu Enesnasia Alifia D, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Peserta terdiri dari Dharma Wanita Persatuan, yaitu para istri Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan perwakilan dari OPD. Jumlah keseluruhan 60 orang.

Seperti biasanya, Mafindo Purworejo tampil dengan persiapan maksimal. Tim Mafpro yang hadir adalah Yani, Arie Sulistyani, Dina Soetomo, dan Suratto.

Materi pertama tentang Manfaat dan Ancaman Penggunaan HP Untuk Mewujudkan Keluarga Yang Harhomis disampaikan oleh bu Enesnasia.dari Pusdaga, dibahas dari sudut pandang psikologi dan peran keluarga.

Mafindo mendapat giliran terakhir, sehingga mbak Yani harus memulai dengan ice breaking, agar peserta kembali bersemangat dan tidak mengantuk.

Materi yang disampaikan secara menarik oleh mbak Yani berjudul Strategi Pemanfaatan HP Dalam Era Digital, diawali dengan memperkenalkan Mafindo serta keberadaan Mafindo Purworejo.
Topik lain yang disampaikan adalah:
● Pemanfaatan gadged
● Data dan riset pengguna gadged
● Ancaman dunia digital bagi perempuan
● Hoax
● Ciri ciri hoax
● Jenis hoax
● Cara klarifikasi hoax lewat FAHH, turbackhoax.id
● Mengajak peserta membuka iklan pak RT atau channel Youtube Mafindo
● Pengenalan HBT dan cara pemakaiannya
● Penutup dengan mengajak untuk siskampling digital.
Alhamdulillah banyak kesan positif dari panitia penyelenggara.

Acara ditutup dengan foto bersama sambil membawa poster antihoaks koleksi Mafindo, serta serempak menggemakan yel-yel:
Purworejo Mulyo
Purworejo Antihoaks

relawan MAFINDO Purworejo saat menyampaikan materinya
foto bersama usai kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *