Siaran MAFINDO Jombang “Hoaxes Of The Month Maret 2019”

Selasa, 19 Maret 2019 pkl 08.00-09.00 relawan MAFINDO Jombang, Vaya, Ani, dan Ade, berdialog via udara di Radio Suara Jombang, dengan dipandu oleh host Ninda.

MAFINDO memaparkan temuan-temuan hoaks bulan Maret. Hingga tanggal 18 Maret terdapat 61 hoaks. Hoaks bertema bisnis, modus penipuan, kriminalitas dan lalu lintas masih didapati tapi yang hoaks bertema politik tetap mendominasi.

Model hoaks politik masih juga masih sama seperti sebelumnya: klaim dukungan dan pembunuhan karakter baik bagi peserta pemilu maupun pendukungnya.

Highlight paparan hoaks separuh awal Maret ini diletakkan pada 3 isu penting yang diangkat dalam narasi hoaks

  1. Hoaks yang bertujuan mendeligitimasi penyelenggaraan pemilu seperti yang menarget KPU, Bawaslu, Kemendagri, dan Polri.
  2. Hoaks yang mengangkat isu orientasi seksual (LGBT) yang menjadi bahan untuk menjatuhkan baik kubu paslon 01 ataupun 02. Bahan hoaks meliputi berbagai aspek seperti kehidupan pribadi hingga kebijakan. Sedangkan targetnya mulai dari level pribadi hingga institusi seperti parpol atau lembaga pemerintah.
  3. Beberapa hoaks terkait Tragedi penembakan di Christchurch New Zealand seperti foto2 jenazah dan foto sholat jenazah yang tidak berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Melihat penyebaran hoaks yang masih masif ini MAFINDO mengajak masyarakat untuk bersikap terbuka, skeptis dan kritis terhadap semua input informasi, terutama dengan menahan diri utk share begitu mendapatkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *