Public Campaign MAFINDO Pontianak di Sambas

Kegiatan public campaign pada hari Minggu, 10 Maret 2019 di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB dengan diawali koordinator lapangan dari Hoax Crisis Center Kalbar memberikan informasi mengenai tujuan kampanye publik ini, organisasi MAFINDO serta pengenalan aplikasi Hoax Buster Tools.

Dilanjutkan dengan pengarahan serta tindakan yang sudah dilakukan Pemkab Sambas dalam rangka menolak hoax. Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah mengungkapkan Hoax itu menyakitkan dan telah memakan banyak korban. Sehingga ia berpesan agar masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan menyaring, mengecek dan bersikap waspada terhadap segala informasi yang masuk melalui media sosial dan media lainnya.

Terlebih tahun ini indonesia menjalani pemilu serta para pelajar akan melaksanakan ujian nasional. Bukan tidak mungkin, akan lebih banyak lagi berita-berita hoax yang dapat menyebar.

Kemudian Wabup Sambas menerima Pin serta gelang Generasi Penolak Hoax dan  Tangkal Hoax, dilanjutkan dengan pembubuhan tanda tangan serta menuliskan sikap melawan hoax di spanduk yang disediakan.

Setelah itu, diikuti kawan-kawan komunitas dan masyarakat di area CFD Sambas. Menariknya banyak masyarakat sangat senang bermain ular tangga internet sehat, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Tak lupa mereka jug berswafoto di area Kampanye, baik di depan spanduk dan banner dengan memegang quotes properti serta foto saat bermain ular tangga.

Alat peraga Kampanye Publik lainnya seperti flayer profil MAFINDO, flayer HBT, serta pembagian pin dan gelang tangkal hoax.Pada sosialisasi tersebut, masyarakat diajak untuk mengunduh aplikasi HBT. Dengan begitu, mereka dapat melakukan cek fakta suatu informasi sebelum membagikannya. Kegiatan pengunduhan HBT dipandu oleh Relawan HCC KALBAR dan setelah selesai mengunduhnya akan diberikan pin atau gelang tangkal hoax.

Juga menginformasikan mengenai situs cekfakta.com serta turnbackhoax.id kepada masyarakat di CFD Sambas. Ada dua jenis tagar yang harus dipromosikan. Jenis pertama ialah tagar umum, yakni #CekFaktaSebelumBicara #CekFaktaKuy! #KepoItuPerlu #SaringSebelumSharing #TurnBackHoax. Sedangkan, untuk jenis kedua yakni tagar khusus atau tagar khas daerah masing-masing tempat dilaksanakannya kampanye publik. Tagar khusus itu dibuat dan diputuskan oleh masing-masing Relawan MAFINDO pelaksana kampanye publik.

FOTO BERSAMA – Tim Hoax Crisis Center Kalimantan Barat berfoto bersama Wakil Bupati Sambas Hj Hairiah saatKampanyePublik Anti-Hoaks di area CFD Kota Sambas
ULAR TANGGA – Permainan Ular Tangga menjadi daya tarik bagi peserta kampanye publik yang notabane adalah masyarakat umum
COBA APLIKASI – Masyarakat yang telah mengunduh aplikasi Hoax Buster Tools meminta dipandu untuk menggunakan fitur dalam aplikasi.
TANDATANGAN SPANDUK – Peserta CFD yang mengikuti kampanye publik antihoax dan cerdas bermedia sosial menandatangani spanduk sebagai bentuk dukungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *