On Air MAFINDO Soloraya “Perempuan Sebagai Kunci Memerangi Hoaks”

Jumat 7 Maret 2019
Mafindo Soloraya kembali on air di Programa 1 RRI Surakarta, dalam talkshow yang kali ini mengangkat tema Perempuan Sebagai Kunci Memerangi Hoaks. Hadir sebagai nara sumber, Erwina Tri S (Mafindo) dan aktivis PMII Kota Solo, Putri Lestari.

Dalam paparannya Erwina menyebut, sangat disayangkan bahwa beberapa waktu terakhir ini beberapa perempuan tersangkut kasus penyebaran hoaks, ujaran kebencian hingga fitnah. Padahal perempuan sebenarnya memiliki kemampuan untuk menjadi garda depan penggerak gerakan melawan hoaks.

Kecenderungan alamiah perempuan yang senang bicara, ingin tahu dan sering bersosialisasi bisa dimanfaatkan untuk gerakan antihoaks.
Untuk itu perempuan perlu membekali dirinya dengan meningkatkan literasi digital, kemampuan memilih dan memilih informasi, termasuk memeriksa kebenaran suatu fakta.

Dengan literasi digital yang baik, perempuan diharapkan dapat ikut menyebarkan konten-konten positif di media digital. Di bagian lain Putri tidak menutup mata akan banyaknya mahasiswa sesusia dirinya yang abai dengan isu-isu atau hoaks yang beredar di lini masa. Karena itu Putri mengajak generasinya untuk berpartisipasi aktif dalam mengedukasi masyarakat, paling tidak keluarga terdekat, teman2 di sekitar, tentang perlunya literasi digital sebagai bagian dari upaya memerangi hoaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *