“Hoaxes of The Month (February)”

“Hoaxes of The Month (February)”

Selasa, 5 Maret 2019 pkl 08.00-09.00 relawan MAFINDO Jombang, Vaya, Ani, dan Ade, berdialog via udara di Radio Suara Jombang, dengan dipandu oleh host Rita.

MAFINDO memaparkan temuan-temuan hoaks bulan Februari. Terdapat lbh dari 100 hoaks di bulan Februari. Hoaks bertema kesehatan, modus penipuan, dan lalu lintas masih didapati tapi yang hoaks bertema politik tetap mendominasi.

Model hoaks politik masih seperti yang lalu-lalu. Ada yang berbentuk klaim dukungan, ada pula yang berbentuk pembunuhan karakter, baik Paslon capres-cawapres, parpol, pemerintah, atau orang lain yang bukan tokoh politik tapi diseret-seret dalam isu politik.
Bentuk hoaks politik lain yang cukup banyak adalah yang bertujuan mendelegitimasi proses penyelenggaraan Pemilu.

Melihat kondisi ini, relawan MAFINDO mengajak masyarakat untuk tetap cerdas memilah informasi, terutama yang terkait dengan politik. Perbandingan berbagai sumber diperlukan agar gambaran yang lebih utuh tentang suatu peristiwa atau isu bisa didapat.

Selain itu, melihat hoaks politik lebih terkonsentrasi pada Pilpres, tak lupa, relawan juga mengajak masyarakat untuk tetap update dalam hal Pileg, mengingat pentingnya memilih orang-orang yang akan menyuarakan aspirasi masyarakat.

Terakhir, relawan juga mengajak masyarakat untuk senantiasa meng-upgrade ketrampilan verifikasi informasi. Karena ke depan tantangan terhadap gerakan sipil antihoaks akibat perkembangan teknologi akan semakin berat. Alat-alat yang digunakan untuk memproduksi hoaks akan semakin canggih. Sebagai contoh, adanya fenomena deepfakes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *