Sosialisasi “Millenial Antihoaks Berani Melawan Berita Bohong”

Sosialisasi Milenial Antihoaks
Berani Melawan Berita Bohong

Kamis, 28 Februari 2019
Pukul 09.00-12.00
Di hotel Ganesha Purworejo

Sosialisasi yang diselenggarakan Polres Purworejo dengan menggandeng Mafindo Purworejo adalah dalam rangka menyasar generasi milenial, yang saat ini paling aktif bermedia sosial. Acara diselenggarakan di Hotel Ganesha dengan mengundang narasumber dari Mafindo Yogya yaitu Ade Intan dan Nana.

Selama ini hubungan Mafindo dengan Polres Purworejo maupun dengan Dinas Kominfo dan Kesbangpol cukup akrab dan harmonis. Mereka selalu mendukung penuh kegiatan-kegiatan Mafindo.
Diawali dengan sambutan oleh Kapolres Purworejo (diwakili oleh KBO Sat Intelkam Ipda Irfan), Koordinator Mafindo Purworejo (Dina Soetomo) dan Ketua KNPI Purworejo (M. Musyaffa). Mafindo Purworejo tampil dengan persiapan maksimal. Tim Mafpro yang hadir Sutopo, Arie Sulistyani, Dina Soetomo, Suratto, Thary. Peserta terdiri dari beberapa organisasi kepemudaan yaitu KNPI, PMII, IPNU, HMI. Jumlah keseluruhan 60 orang.

Pesan tertulis Kapolres yang dibacakan oleh Ipda Irfan, antara lain berharap agar para milenial tidak mudah terpancing/terprovokasi dengan berita yang tidak jelas sumbernya. Pemilu seharusnya sebagai pemersatu bukan malah memecah belah. Kita jaga Purworejo agar selalu tercipta suasana yang kondusif. Koordinator Mafindo Purworejo memperkenalkan Mafindo Purworejo secara ringkas, dan ketua KNPI sepakat mengajak kaum milenial untuk bijak dan berhati-hati dalam bermedia sosial, harus mengenali dan mewaspadai bahaya hoaks serta berani melawan hoaks.

Materi yang disampaikan secara menarik oleh narasumber Ade Intan Kristiani, S.P., M.Sc. antara lain:
1). Tentang ETIKA dan Pentingnya Etika Dalam Bermedia Sosial
2). Demografi Pengguna internet
3). Pemanfaatan Internet di Bidang Gaya Hidup
4). Prinsip Cerdas Bermedia
5). Panduan Bermedia Sosial
6). 7 jenis Hoax (Misinformasi dan Disinformasi)
7). Mengapa Hoaks Mudah Menyerang (otak) Manusia
8). Tips Mendeteksi Hoax, Serta Apa Yang Harus Kita Lakukan.

Acara diselingi dengan video dan game menarik sehingga peserta tetap semangat dan tidak bosan. Acara ditutup dengan hadiah menarik bagi 2 orang peserta yang berhasil memenangkan game, dan diakhiri dengan foto bersama serta serempak menggemakan yel-yel:
Purworejo Mulyo
Purworejo Antihoaks

Purworejo, 4 Maret 2019

foto bersama pasca acara
bersama pembicara pasca mengisi acara


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *